Sempat Diretas, Website Resmi Pemkab Meranti Tampil Kembali

Sempat Diretas, Website Resmi Pemkab Meranti Tampil Kembali
Tampilan halaman utama Situs Resmi Pemkab Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Tim IT Bagian Kominfo Setda Kabupaten Kepulauan Meranti telah memperbaiki situs resmi yang sempat diretas oleh hacker, yang menamakan dirinya 'Pernah Nakal Crew' atau Indonesia Defacer Tersakiti Team.

Kasubbag Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Bagian Kominfo Setda Kabupaten Kepulauan Meranti, Amat Syafii, Senin 7 Mei 2018 mengungkapkan, situs itu sempat tidak dapat diakses mulai Sabtu dini hari 5 Mei 2018 kemarin, pukul 05.00 WIB.

"Tapi hari ini (Senin 7 Mei 2018) sudah bisa diakses. Situs resmi Pemkab Kepulauan Meranti yang sempat diubah tampilannya oleh hacker, kini sudah kembali seperti semula," ujarnya.

Setelah diretas pada Sabtu lalu, kata Amat Syafii, beberapa waktu situs itu sengaja di-off-kan sementara dalam proses perbaikan. Sambil melakukan maintenance, Tim juga melakukan pengkajian kelemahan dari server.

"Jenis serangan peretas adalah web deface, sehingga halaman utama website sempat berubah tampilan. Luar biasa serangannya, Sadis. Ibaratnya bukan sekedar rudal.. tapi sudah atom. Namun sudah kita atasi," ungkapnya.

Akibat dari serangan hacker tersebut, sempat menyebabkan terganggunya pelayanan publik pada subdomain dari website utama merantikab.go.id, seperti website dinas daerah. "Belasan website pemda kita sempat jadi imbasnya," kata Amat Syafii. (san)

Berita Lainnya

Index