Pulau 1.000 Janji, Pesona Wisata Baru di Pulau Birandang

Pulau 1.000 Janji, Pesona Wisata Baru di Pulau Birandang
Pulau 1.000 janji di Desa Pulau Birandang bisa menjadi objek wisata alternatif baru di Kabupaten Kampar

KAMPAR - Berjarak lebih kurang 30 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Kota Pekanbaru, menjadikan Pulau 1000 janji, Desa Pulau Birandang, Kabupaten Kampar, layak menjadi destinasi alternatif wisata baru zaman now.

Hamparan pasir putih di tengah Sungai Kampar, ditambah gemerisik derasnya arus sungai menjadikan tempat ini layak jadi spot fhoto yang instagramable.

Tomas Naldo Abira, tokoh Pemuda Pulau Birandang kepada wartawan, Ahad 13 Mei 2018 mengungkapkan, Pulau 1.000 janji sudah lama dimanfaatkan sebagai tempat wisata bagi masyarakat tempatan. Hal ini terbukti setiap iven balimau kasai setiap tahunnya diadakan di Pulau 1.000 janji.

"Ratusan masyarakat berbondong - bondong mendatangi Pulau 1.000 janji, sekadar merayakan ritual tahunan balimau kasai sebelum memasuki bulan suci Ramadhan," ungkapnya.

Dilanjutkan Tomas, Pulau 1.000 janji merupakan aset Desa Pulau Birandang yang memiliki nilai jual wisata sebagaimana sejumlah objek wisata lainnya yang lagi naik daun di Kabupaten Kampar.

"Sebut saja Pulau Cinta di Teratak Buluh, Sungai Hijau di Salo dan Ulu Kasok di XIII Koto Kampar bisa disejajarkan dengan Pulau 1.000 janji. Kita menang di lokasi yang bisa ditempuh dalam waktu singkat dari Kota Pekanbaru. Apalagi kalau jalur dua ruas jalan Pekanbaru - Danau Bingkuang jadi, menjadikan spot wisata Pulau 1.000 janji semakin strategis," ulasnya.

Lebih lanjut Tomas menambahkan, selain Pulau 1.000 janji masih ada sejumlah objek wisata yang layak dikembangkan di Pulau Birandang.

"Seperti Jembatan Irigasi Gantung dengan view sekelilingnya persawahan masyarakat, dan Danau Simbat, merupakan aset desa yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata yang bernilai jual," tutupnya.

Pemerhati Pariwisata asal Kota Pekanbaru, Hardi Pramadya Utama mengatakan, masyarakat Kota Pekanbaru saat ini terus mencari objek wisata baru yang tidak mereka temukan di Kota Pekanbaru.

Menurutnya, suasana asri Pulau Birandang yang dibuktikan masih bisa ditemukannya pohon - pohon besar dan suasana persawahan, menjadikan desa ini bisa menjadi alternatif warga kota untuk menghabiskan liburan akhir pekannya.

"Kita berharap pemerintah setempat khususnya Desa Pulau Birandang bisa segera melirik potensi ini. Tidak mungkin jika kawasan Pulau 1.000 janji dikelola dengan baik bisa menjadi pendapatan tambahan bagi desa dan masyarakat tempatan," jelas pria yang sehari-hari eksekutif di bank milik BUMN ini. (sal)

Berita Lainnya

Index