Baznas Meranti Salurkan Zakat Konsumtif di 9 Kecamatan

Baznas Meranti Salurkan Zakat Konsumtif di 9 Kecamatan
Ketua TP PKK, Nirwana Sari Irwan, saat menyerahkan bantuan zakat yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional Kepulauan Meranti

MERANTI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Meranti menyalurkan Zakat Konsumtif kepada Mustahiq (mereka yang berhak) di 9 Kecamatan di daerah ini. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Sekda, Yulian Norwis, Senin 29 Mei 2018.

Kegiatan penyerahan simbolis di Mushola Al-Barokah, komplek Kantor Bupati Kepulauan Meranti, turut dihadiri Ketua TP-PKK Meranti Nirwana Sari, Ketua Baznas Meranti Sunarto, Asisten III Setdakab Tengku Akhrial dan sejumlah Kepala OPD lainnya.

Acara penyaluran Zakat Konsumtif Baznas Kepulauan Meranti itu dikemas melalui acara berbuka puasa bersama Farkir Miskin beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam penjelasannya, Ketua Baznas Kepulauan Meranti Sunarto menyebutkan, penyaluran Zakat Konsumtif ini bukan saja di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, tapi juga di 9 Kecamatan yang ada, yang dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing Kecamatan.

"Untuk wilayah Tebing Tinggi tahun ini kita menyalurkan 100 bingkisan untuk Farkir Miskin, hal serupa juga akan diserahkan di Kecamatan lainnya oleh UPZ masing-masing Kecamatan," jelas Sunarto.

Penyerahan paket tahun ini, diakui Sunarto, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya, jika sebelumnya diberikan untuk 50 orang, saat ini diberikan untuk 100 orang.

"Semoga dengan bantuan ini dapat menjadi stimulus bagi masyarakat miskin untuk kedepan lebih mandiri dan menjadi Muzakki (pemberi zakat)," harap Ketua Baznas.

Pada kesempatan itu, Sunarto atas nama Baznas mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Kepulauan Meranti yang telah mempercayakan pengelolaan infaq dan sadaqoh kepada Baznas.

"Terima kasih atas dukungan Pemkab Kepulauan Meranti, semoga tahun ini target Baznas 1,5 miliar rupiah dapat tercapai," ucap Sunarto.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, mengucapkan apresiasi kepada Baznas yang telah memfasilitasi penyaluran Zakat kepada Farkir Miskin, ia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi penerima.

Tak lupa dalam mewujudkan kepedulian kepada kaum duafa, Sekda Yulian Norwis menghimbau kepada masyarakat khususnya pegawai di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dapat berpartisipasi dalam berzakat yang akan disalurkan oleh Baznas.

Penyaluran bantuan itu, jelasnya, bukan saja dalam bentuk berupa uang dan paket sembako, tapi juga diperuntukkan untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu dan beasiswa bagi pelajar dan siswa miskin.

"Zakat merupakan bentuk partisipasi umat muslim yang pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, jadi mari kita perbanyak Zakat agar harta kita berkah dan bermanfaat bagi yang layak menerima," ujar Sekda. (rls/san)

Berita Lainnya

Index