Safari Ramadan di Tanjung Kulim, Wabup Meranti Tinjau PLTS Rusak

Safari Ramadan di Tanjung Kulim, Wabup Meranti Tinjau PLTS Rusak
Wabup Kepulauan Meranti, Said Hasyim berbincang dengan Kepala Dinas PU, Herman, saat meninjau PLTS rusak di Desa Tanjung Kulim

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, bersama rombongan pejabat OPD Pemkab melaksanakan Safari Ramadan dan peninjauan kondisi infrastruktur di Desa Tanjung Kulim, Kecamatan Merbau, Rabu 30 Mei 2018 kemarin.

Kegiatan Safari Ramadan di Masjid Jamiatul Iman diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh Qoriah terbaik Desa Tanjung Kulim Ismawati, dilanjutkan sambutan Kepala Desa Azman Hisyam.

Kades berharap Pemkab Kepulauan Meranti lebih memperhatikan Desa yang dipimpinnya, khususnya 30 persen masyarakat yang mengantungkan hidup mereka sebagai Nelayan.

"Kami berharap Pemkab bisa menyalurkan bantuan pembangunan di desa kami dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat desa ini yang sebagian besar bekerja sebagai Nelayan, dan selebihnya petani," ujar Azman.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan pemberian bantuan kepada anak yatim dan kaum duafa itu, Wakil Bupati Said Hasyim mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat hidup dan kesehatan yang telah diberikan.

"Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa di tahun ini. Banyak saudara saudara kita yang telah mendahului tidak mendapatkan kesempatan menjalankan ibadah puasa di tahun ini," ucapnya.

Diakui Wabup, Pemkab Meranti terus memperhatikan pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok Desa, tak terkecuali Kecamatan Merbau khususnya Desa Tanjung Kulim, untuk itu bersama Kepala OPD melihat langsung kondisi dan situasi di desa tersebut.

Untuk menyukseskan pembangunan, kata Wabup diperlukan koodinasi yang baik antar masyarakat dan Pemda Meranti yang saling dukung serta bahu membahu membangun daerah, selain  itu diperlukan keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dengan pemberdayaan ekonomi. Sehingga dapat sejalan dalam rangka menggesa kesejahteraan masyarakat.

"Karena jika infrastuktur kita tingkatkan sementara pemberdayaan ekonomi masyarakat tidak kita tingkatkan, maka masyarakat kita akan merasa makin susah," ucap Wabup Said Hasyim yang sangat familiar dengan kondisi Desa Tanjung Kulim.

Dalam rangka memfokuskan program pembangunan sesuai dengan kondisi riil di lapangan, pada kegiatan Safari Ramadan ini, Wakil Bupati juga melakukan monitoring dan evaluasi ke potensi perkebunan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), serta Polindes di Desa Tanjung Kulim.

Dari hasil pantauannya, kebun karet yang ada di Desa Tanjung Kulim merupakan kebun karet tua yang menjadi sumber penghasilan masyarakat sejak puluhan tahun lalu, agar masyarakat terus mendapatkan hasil ia berpesan agar kebun karet itu dijaga dengan baik dan jangan dijual, meskipun harga karet saat ini sangat jauh merosot.

"Kebun yang ada dengan alasan apapun jangan sampai dijual karena ini merupakan sumber penghasilan masyarakat disini, walaupun dengan tawaran harga tinggi," ingat Wabup.

Usai melihat lahan karet, Wakil Bupati beserta rombongan meninjau lokasi PLTS Desa Tanjung Kulim yang saat ini sudah tidak dapat di fungsikan karena kerusakan beberapa alat. Melihat kondisi itu, Wabup memerintahkan Kades untuk menjaga aset negara itu sampai diperbaiki dan dapat berfungsi kembali.

Safari Ramadan di Desa Tanjung Kulim, Kecamatan Merbau, ditutup dengan salam salaman antara masyarakat Desa dengan rombongan Pemkab Kepulauan Meranti, dalam rangka mempererat silaturrahim. (rls/san)

Berita Lainnya

Index