Disnaker Dumai Imbau Perusahaan Agar Bayar THR

Dibaca: 417 kali  Kamis,31 Mei 2018 | 11:57:00 WIB

Disnaker Dumai Imbau Perusahaan Agar Bayar THR
Ket Foto : ilustrasi

DUMAI - Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai mengimbau manajemen perusahaan agar segera melakukan pembayaran tunjangan hari raya kepada karyawan paling lambat seminggu menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kepala Disnaker Dumai Suwandi mengatakan, pelaksanaan pembayaran THR ini sudah disampaikan ke seluruh perusahaan, dan jumlah diberikan juga harus sesuai dengan upah pekerja.

"Kita ingatkan perusahaan untuk segera membayarkan tunjangan hari raya karyawan paling lambat seminggu sudah dibayarkan," kata Suwandi pada pers, Kamis.

Dikatakan, pihak perusahaan tentu tidak ingin mendapat sanksi karena jika membandel terancam sanksi bila tidak membayarkan THR pada pekerjanya sesuai perundangan berlaku.

Bagi karyawan tidak mendapat pembayaran THR dari perusahaan, Disnaker Dumai membuka posko pengaduan untuk pelaporan dan pengawasan pelaksanaan pemberian tunjangan terkait perayaan hari besar agama ini.

Pelaporan THR ini dengan melampirkan dokumen untuk melengkapi pengaduan, seperti identitas diri dan perusahaan tempat bekerja, diserta juga dengan membawa dokumen pendukung.

Pembukaan posko pengaduan THR bertujuan mengantisipasi munculnya persoalan THR karyawan atau penanganan sesuai ketentuan tata cara diatur pemerintah, serta untuk melihat tingkat kepatuhan pengusaha.

"Ada aturan terkait sanksi perusahaan tak bayarkan THR pekerja, yaitu bisa kena denda lima persen dari jumlah hak, sanksi teguran dan pembatasan usaha," sebutnya. (mcr)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com