Harimau Berkeliaran di Kawasan Seko Lirik

Dibaca: 704 kali  Jumat,01 Juni 2018 | 10:39:00 WIB

Harimau Berkeliaran di Kawasan Seko Lirik
Ket Foto : Tim untuk menyelidiki keberadaan harimau sumatera di Desa Pematang Jaya

INHU - Warga Desa Sialang Jaya, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu mulai dibuat resah setelah mendapatkan informasi ada seekor Harimau berkeliaran di sekitar kebun milik PT Seko yang berada di desa tersebut.

Kecemasan itu tentunya sangat tinggi, mengingat aktifitas sehari hari mereka adalah di perkebunan tersebut. Tentunya apa yang terjadi pada kasus Harimau Bonita di Inhil beberapa waktu lalu tidak diinginkan juga terjadi pada mereka di Sialang Jaya, Pematang Jaya atau daerah lainnya.

Informasi didapat, setelah seorang Danru Satpam Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT PAS yang merupakan grup PT Seko, Syahrial yang mendapatkan pesan berantai dari supir perusahaan yang juga mendapatkan informasi dari pekerja kebun PT Seko, bahwa ada Harimau berkeliaran di areal kebun PT Seko yang berbatasan dengan Pasir Penyu.

Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting SIK melalui Paur Humas Ipda Juraidi mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, langkah-langkah telah diambil untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, diantaranya melakukan koordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan juga mendatangi langsung Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Kita akan sosialisasikan kepada masyarakat sebagai langkah antisipatif, agar berhati-hati dalam melakukan kegiatan sementara ini dengan meningkatkan kewaspadaan," ucapnya.

Dikatakannya, bersama BKSDA akan menyusun rencana pelaksanaan evakuasi Harimau tersebut dan sampai saat ini belum ada hewan ternak atau masyarakat yang menjadi korban.

"Polri dan BKSDA bersama-sama masyarakat akan tetap memantau sikon serta melaporkan setiap perkembanganya," ujarnya lagi.

Pihak BKSDA Rengat, Permohonan Lubis menyebutkan informasi soal keberadaan harimau itu langsung ditindaklanjuti dengan menurunkan Tim untuk penyelidikan keberadaan harimau sumatera di Desa Pematang Jaya.

"Perlintasan harimau sumatera itu bisa sampai sejauh 200 kilometer, jadi bisa saja dia hanya melintas di sana. Namun kita masih melakukan penyelidikan terhadap jejak-jejak harimau itu," jelasnya.

Pemantauan dan pencarian Harimau dilakukan oleh anggota BKSDA sebanyak 6 personil, Bhabinkamtibmas 2 orang, dari Babinsa 1 orang, masyarakat 10 orang yang dilakukan di Desa Lembah Dusun Gading, Kecamatan Pasir Penyu, PT Seko, tempat jejak tapak ditemukan. (mcr)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com