Kelangsungan DAPM Sangat Membantu Program Pemerintah

Kelangsungan DAPM Sangat Membantu Program Pemerintah
Camat Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat, S.STP, M.Si, saat menyampaikan sambutannya

MERANTI - Kelangsungan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dinilai sangat membantu Pemerintah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Untuk itu, semua pihak terkait mesti menjaga kelestariannya.

Hal itu ditekankan Camat Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rizky Hidayat, S.STP, M.Si, dalam sambutannya, saat acara silaturrahim dan berbuka puasa bersama unsur kelembagaan DAPM eks PNPM, di Grand Meranti Hotel, Selatpanjang, Rabu 6 Juni 2018.

Turut hadir bersama Camat Rizky, Kasi PMD Masnawi, S.Ag, para Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi, para Pengurus Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan Pengawas UPK dan Tim Verifikasi kegiatan.

Camat Rizky mengingatkan, sesuai dengan tujuan programnya, perguliran Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat diharapkan mampu menumbuhkan banyak pengusaha baru level kecil dan menengah di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Untuk itu saya harapkan peran para Lurah dan Kepala Desa ikut memantau, sehingga jika ada masyarakatnya yang menunggak bisa dibantu dicarikan solusinya, bagaimana mereka bisa membayar tunggakan," ujar Camat.

Sebagaimana laporan Ketua Unit Pengelola Kegiatan, Junawan, dana yang digulirkan di Kecamatan Tebing Tinggi sudah mencapai 4 miliar rupiah. Untuk itu, Camat meminta pengelola membuat agenda Lurah dan Kepala Desa ikut memantau perkembangan kelompok pemanfaat.

"Buat agenda Kades dan Lurah memantau itu, bagaimana kita bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, tidak hanya memberi saja, tapi bisa tercapai tujuan program ini," pintanya.

Camat juga mengharapkan, pengelola kegiatan bisa melakukan inovasi melalui proses aturan yang berlaku. Jika ada tunggakan harus ditagih dan promosikan unit usaha baru yang sudah ditetapkan BKAD melalui Musyawarah Antar Desa (MAD).

"Mari kita satukan hati kita bersama untuk mengembangkan ini, sehingga pemanfaat betul-betul merasakan manfaatnya," ajak Camat Rizky Hidayat.

Pada kesempatan itu, Ketua BKAD Kecamatan Tebing Tinggi, Asnawi Nazar, S.Pi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Camat, para Lurah dan Kepala Desa yang sudah memfasilitasi kelembagaan dana bergulir ini dalam setiap penanganan masalah.

Sebelum berbuka puasa bersama, acara yang penuh nuansa keakraban itu juga diisi dengan tausyiah agama oleh Ustad Masnawi, S.Ag, yang juga menjabat Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Tebing Tinggi. (san)

Berita Lainnya

Index