400 Lokasi Disiapkan Untuk Sholat Idul Fitri di Pekanbaru

400 Lokasi Disiapkan Untuk Sholat Idul Fitri di Pekanbaru
Suasana Sholat Idul Fitri tahun sebelumnya di halaman Masjid Agung An Nur Pekanbaru

PEKANBARU - Sebanyak 400 titik bakal disiapkan untuk menggelar sholat Idul Fitri 1439 Hijriah di Kota Pekanbaru. Ratusan titik ini terdiri dari Masjid dan Lapangan, termasuk halaman kantor Walikota Pekanbaru.

Asisten I Setdako Pekanbaru, Azwan mengatakan pihaknya mengarahkan Sholat Id digelar dilapangan agar lebih luas dan bisa menampung warga dan bisa ikut mendengarkan khotbah. Penetapan 400-an titik lokasi sholat id bahkan sudah disepakati bersama tokoh agama dan Kemenag Kota Pekanbaru.

Menurut dia, bukan saja lokasi, dalam SK tersebut juga diatur tentang Khatib, Imam dan Bilal yang akan bertugas. Dimana saja lokasinya, Azwan tidak bisa merincikan secara detail.

"Namun salah satunya di halaman Kantor Walikota Pekanbaru. Yang akan menjadi khatibnya langsung Plt Walikota Pekanbaru, Pak Ayat Cahyadi," kata Azwan, Selasa 12 Juni 2018.

Dikatakan Azwan, jika nantinya cuaca tidak mendukung, misalnya hujan, maka kegiatan sholat Id akan di alihkan ke Masjid Paripurna Pekanbaru yakni Masjid Ar Rahman. Ia juga berpesan kepada semua masyarakat agar ikut melakukan sholat bersama-sama pada semua tempat yang sudah disediakan.

"Kalau memang tidak sempat datang ke lokasi yang agak jauh memang sebaiknya warga melakukan sholat di dekat lingkungan rumah masing-masing," ujarnya.

Untuk pengamanan, dalam rapat kemarin kata Azwan, sudah dipersiapkan personel gabungan dari Kepolisian, Kodim, Satpol PP dan Dishub Pekanbaru.

"Bahkan, pengamanan akan dimulai saat pawai takbir yang akan dilangsungkan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru," pungkasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index