Wabup Kepulauan Meranti Minta ASN Bekerja Jujur dan Ikhlas

Wabup Kepulauan Meranti Minta ASN Bekerja Jujur dan Ikhlas
Absensi ASN dan Honorer pada hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri 1439 Hijriyah, Kamis 21 Juni 2018

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim meminta seluruh ASN dan Honorer untuk terus meningkatkan semangat kerja. Hal itu disampaikannya saat menjadi pembina apel hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri 1439 Hijriyah, Kamis 21 Juni 2018.

Ibadah puasa Ramadan yang dijalankan selama 30 hari lalu, dimana pengendalian diri dan kesabaran menjadi kunci suksesnya puasa, menurut Wabup hendaknya menjadi pembelajaran bagi semua aparatur untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan, bekerja jujur dan ikhlas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

"Saya harapkan kepada seluruh pegawai bekerjalah dengan baik dan bertanggung jawab, tingkatkan kinerja dengan selalu bekerja jujur dan ikhlas sesuai dengan tupoksi kita masing masing," ujar Wakil Bupati.

Peningkatan kinerja dan pelayanan merupakan hal yang penting dalam rangka menghadapi tantangan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan prima yang lebih berat kedepan.

"Kinerja dan pelayanan patut kita jaga dan tingkatkan lagi karena tantangan kedepan akan jauh lebih berat, masyarakat menunggu apa yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan kesejahteraan mereka," ucap Wabup.

Tak lupa ia juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh pegawai yang hadir sejak hari pertama masuk kerja setelah libur panjang, karena kehadiran merupakan bentuk kedisiplinan menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawab.

"Terima kasih kepada ASN dan Honorer yang telah hadir di hari pertama ini," ucap Wabup.

Lebih jauh dikatakannya, perayaan Idul Fitri adalah keberhasilan setiap umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa, dengan menahan hawa nafsu, melaksanakan sholat dan ibadah lainnya untuk meningkatkan keimanan, ia berharap hal itu terus dipertahankan dalam kehidupan, baik di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal.

"Mari terus kita jaga segala amalan yang kita jalankan selama puasa 30 hari penuh," harapnya.

Wakil Bupati dalam kesempatan apel pagi tersebut, juga mewanti wanti ASN maupun Honorer lebih disiplin dalam bekerja dan menjalankannya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Bagi yang tidak disiplin atau melanggar aturan seperti menambah cuti dan lainnya, menurut Wakil Bupati, suka tidak suka aturan harus ditegakkan, pegawai yang bersangkutan harus diberikan sanksi.

"Kalau tidak sesuai dengan ketentuan aturan yang ada harus kita jalankan, sebagai pimpinan kita harus menegakkan itu sesuai amanah yang diberikan kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah," jelasnya sebagai bentuk pembinaan.

Wakil Bupati Said Hasyim juga menegaskan absensi pegawai di hari pertama masuk kerja usai libur panjang Idul Fitri 1439 Hijriyah, akan dilakukan evaluasi oleh BKD. Bagi yang yang tidak hadir akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan Bupati dan surat edaran yang telah dilayangkan.

"Semua absen akan di evaluasi baik pejabat ASN maupun pegawai Honorer bagi yang tidak hadir akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang ada," tegasnya.

Dari informasi yang disampaikan Kepala BKD Kepulauan Meranti, Alizar S.Sos melalui Kabid Mutasi Hery Saputra, menjelaskan tingkat kehadiran ASN di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti sangat memuaskan atau hampir 100 persen.

"Dari rekap yang kita lakukan tingkat kehadiran pegawai mencapai 99.7 persen, hasil ini cukup memuaskan," ujarnya.

Meski begitu, bagi yang tidak disiplin atau sengaja cuti tanpa pemberitahuan sesuai dengan instruksi pimpinan, tetap akan diberikan sanksi tegas.

"Untuk masalah ini kita tegas, sesuai arahan pimpinan bagi pegawai yang tidak hadir akan diberikan sanksi sesuai dengan Perbup dan surat edaran," ucap Hery Saputra.

Tingkat kehadiran yang memuaskan itu juga disampaikan oleh Sekretaris BKD Kepulauan Meranti Bakharuddin. "Kalau melihat peserta apel tingkat kehadiran kali ini sangat memuaskan," ujarnya.

Dalam apel pagi yang juga dihadiri Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti Edi Masyhudi dan Sekda Yulian Norwis itu, Wabup juga berpesan kepada pejabat terkait untuk terus menggesa realisasi program kerjanya apalagi saat ini akan memasuki triwulan ketiga.

Begitu juga terkait penyusunan RAPBD 2019, agar lebih bermanfaat dan tepat sasaran, Wakil Bupati meminta kepada Kepala OPD dalam menyusun rencana kerja jangan hanya duduk di meja tetapi turun ke lapangan sehingga benar benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terakhir terkait Pilgubri 2018 yang akan dilaksanakan hari Rabu 27 Juni 2018, ia meminta kepada seluruh pegawai dan masyarakat yang memiliki hak pilih untuk berpartisipasi dalam mencoblos calon pemimpin Riau kedepan.

"Tanggal 27 Juni mendatang mari kita laksanakan hak pilih sebaik baiknya," ajak Wabup.

Apel pagi ditutup dengan salam salaman dan silaturrahim antara Wakil Bupati beserta jajaran pimpinan OPD Pemkab Kepulauan Meranti dengan para pegawai yang berlangsung dengan khidmat. (rls/san)

Berita Lainnya

Index