Wabup Kepulauan Meranti Lepas Keberangkatan Jemaah Ibadah Haji

Wabup Kepulauan Meranti Lepas Keberangkatan Jemaah Ibadah Haji
Wakil Bupati Said Hasyim, melepas keberangkatan 81 orang jemaah ibadah haji Kabupaten Kepulauan Meranti di Masjid Darul Ulum Selatpanjang
MERANTI - Wakil Bupati Said Hasyim, melepas keberangkatan 81 orang jemaah ibadah haji asal Kabupaten Kepulauan Meranti menuju Embarkasi Batam, untuk bergabung di kloter 17 menuju ke Jeddah. Pelepasan dilakukan di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Sabtu 4 Agustus 2018.
 
Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Sekda Yulian Norwis, Kakan Kemenag Darwison, Ketua MUI Mustafa, Ketua MKA LAM Ridwan Hasan, para tokoh masyarakat lainnya, serta ratusan keluarga jemaah Ibadah Haji Kepulauan Meranti.
 
Proses keberangkatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori terbaik Meranti, dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta dan tepuk tepung tawar oleh Wakil Bupati Said Hasyim, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Ketua MKA LAM Ridwan Hasan dan unsur lainnya.
 
Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim dalam sambutannya mengatakan, hari ini merupakan hari paling bahagia bagi para jemaah ibadah haji, karena telah diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan rukun islam yang kelima.
 
"Berangkat haji tidak semudah tahun tahun sebelumnya, untuk itu bagi yang berkesempatan berbahagialah, semoga diberikan kekuatan untuk melaksanakan ibadah dan kembali dengan menyandang gelar haji yang mabrur," ujar Wabup Said Hasyim.
 
Tak banyak yang disampaikan oleh Wakil Bupati, yang terpenting menurutnya adalah para jemaah ibadah haji senantiasa menjaga kesehatan, karena dalam menjalankan syarat wajib dan rukun haji tak cukup hanya dengan niat dan semangat, tapi juga dibutuhkan fisik yang kuat.
 
"Mari kita pertahankan bagaimana badan tetap sehat dan yang terpenting adalah keikhlasan melaksanakan ibadah, apapun yang dihadapi di tanah suci jangan sampai mengeluh, jaga persatuan dan kesatuan antara sesama jemaah, jaga diri jaga muhrim dan jaga kelompok kita, karena jutaan orang berkumpul disana," jelasnya.
 
Pada kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan seluruh jemaah ibadah haji untuk saling jaga dan mengawasi, jika menemukan suatu hambatan diminta segera perhatikan sekeliling untuk mencari petugas haji indonesia yang tersebar dibanyak titik.
 
Selain itu ia meminta seluruh jemaah ibadah haji Meranti yang tergabung dalam kelompok terbang 17 bersama jemaah Kabupaten Pelalawan, dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan dengan jemaah haji lainnya, saling bantu membantu dalam kesusahan dan kesempitan.
 
"Para petugas haji Indonesia memiliki baju khusus yang tersebar di masjidil harom dan nabawi, jika menemukan kendala jangan segan segan meminta bantuan," pungkasnya.
 
Terakhir kepada jemaah ibadah haji yang hobi jalan dan berbelanja, Wakil Bupati mengingatkan perbanyak ibadah dan kurangi berjalan jalan, karena tanah suci adalah tempat beribadah yang paling mabrur.
 
"Jangan belanja dan jalan jalan terlalu banyak, momen ini adalah kesempatan kita untuk beribadah karena pahalanya berlipat ganda," paparnya.
 
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Meranti, Darwison mengungkapkan, haji merupakan rukun islam yang kelima, artinya sebagai pelengkap kesempurnaan ibadah bagi umat muslim. Untuk itu dia menyarankan kepada umat muslim yang berkemampuan untuk melaksanakan rukun islam kelima itu.
 
"Jika diberikan kemampuan oleh Allah berupa rezeki, segeralah laksanakan ibadah haji, jangan sampai menunda nunda lagi," ucapnya.
 
Kepada seluruh jemaah calon haji Meranti yang akan berangkat ke tanah suci, demi kelancaran ibadah, Darwison menyampaikan pesan yang paling utama, yakni ikhlas kepada Allah dan laksanakan seluruh syarat wajib dan rukun haji sebaik baiknya.
 
"Kepada jemaah mari kita meluruskan niat hanya berharap ridho dan ampunan Allah, sempurnakanlah syarat, wajib dan rukun haji di tanah suci dengan baik semoga mendapatkan pahala yang berlimpah," ucapnya.
 
Tak lupa ia juga mengingatkan, jadikan ibadah yang dilaksanakan di tanah suci sebagai kebiasaan yang harus tetap dilestarikan nanti setelah kembali ke kampung halaman dengan predikat haji yang mabrur.
 
"Ini cukup sulit untuk dilakukan, harapan kita bagaimana melaksanakan ibadah ditanah suci baik sholat berjamaah, baca Alquran dan lainnya, sekembali ke tanah air jangan sampai ditinggalkan, terus laksanakan," harapnya.
 
Terakhir Kepala Kemenag mendoakan seluruh Jemaah Haji Meranti diberikan kesehatan, kekuatan serta panjang umur untuk menuntaskan ibadahnya kepada Allah SWT, sehingga kembali ke tanah air menjadi Haji yang Mabrur.
 
Setelah acara pelepasan, jemaah ibadah haji Kepulauan Meranti diberangkatkan dari Pelabuhan Selatpanjang menuju Pelabuhan Sekupang Batam menggunakan Kapal Fery Cepat Batam Jet 6. Sesampainya di Batam langsung diistirahatkan di Asrama Haji selama satu malam.
 
Kemudian pada Ahad dini hari sekira pukul 02.30 WIB, rombongan jemaah ibadah haji asal Kepulauan Meranti akan dilepas kembali oleh Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menuju Embarkasi Haji di Bandara Hang Nadim Batam. (rls/red)

Berita Lainnya

Index