Eko Yuli Tambah Perolehan Emas Indonesia

Eko Yuli Tambah Perolehan Emas Indonesia
Lifter 62 kg Indonesia, Eko Yuli Wirawan, foto AFP
JAKARTA - Memasuki hari ketiga Asian Games 2018, Indonesia kembali menambah perolehan medali emas. Kali ini datang dari cabang olahraga (cabor) angkat besi melalui Eko Yuli Irawan.
 
Bertempat di Hall A JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018), Eko yang juga merupakan peraih medali perak di Olimpiade Rio 2016 ini, mampu menunjukkan penampilan apik dengan meraih total angkatan 311 kg.
 
Di jenis angkatan snatch, Eko sukses mencatatkan total angkatan 141 kg, unggul atas para pesaingnya, termasuk Trinh Van Vinh dari Vietnam, sosok yang mengalahkannya di SEA Games 2017 silam.
 
Dalam jenis angkatan snatch, Eko sukses menorehkan angkatan 141 kg di angkatan keduanya. Namun, masuk angkatan ketiga, beban sebesar 145 kg gagal diangkat oleh Eko. Lifter asal Lampung tersebut gagal melampaui total angkatan snatch 142 kg yang dia catatkan di Olimpiade Rio 2016.
 
Masuk ke angkatan clean and jerk, Eko Yuli memasang beban angkat awal sebesar 165 kg. Di angkatan pertama, Eko sukses mengangkat beban 165 kg tersebut.
 
Masuk angkatan kedua, Eko dengan berani menambah beban menjadi 170 kg. Angkatannya ini pun berhasil. Namun, di angkatan ketiga, dia gagal saat menambah beban menjadi 175 kg. Total angkatan clean and jerk Eko ada di angka 170 kg.
 
Sementara, wakil Indonesia lain, yakni Purkon Muhamad juga mencatatkan torehan yang tidak terlalu buruk. Dalam jenis angkatan snatch, Purkon sukses menorehkan total angkatan 130 kg. Sementara itu, di jenis angkatan clean and jerk, Purkon hanya menorehkan total angkatan 152 kg saja.
 
Dari dua jenis angkatan tersebut, Purkon hanya menorehkan total angkatan keseluruhan 282 kg. Jumlah ini kalah jauh dari lifter-lifter yang lain.
 
Dengan tambahan satu medali emas, Indonesia kini mengoleksi lima medali emas, dua perak, dan empat perunggu. (red)

Berita Lainnya

Index