Teknik Perminyakan UIR Gelar Seminar International

Teknik Perminyakan UIR Gelar Seminar International
Foto bersama Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL, usai menyerahkan penghargaan
PEKANBARU - Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR) menggelar kegiatan Seminar International bekerjasama dengan perguruan tinggi dengan industri migas dalam dan luar negeri, Selasa 28 Agustus 2018.
 
Ketua Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik UIR, Dr. Eng. Muslim, dalam rilisnya kepada jurnalmadani.com mengungkapkan, kegiatan itu dihadiri oleh peserta dari berbagai negara di Asia, Eropa dan Amerika.
 
Diawali dengan penyampaian materi dari 5 keynote speaker, yaitu M. Rivai Lasahido dari SKK Migas, Dr. Eng. Muslim (Keetua Prodi Teknik Perminyakan UIR), Prof. Yuichi Sugai (Kyushu Univ - Jepang), Ikin Faizal (Direktur Utama PT. SPR Langgak) dan Lysa Ariyanti Manager Upstream (PT. CPI) dengan moderator Ir. Dike Putra, MSc, MBA.
 
Peserta yang hadir diantaranya dari kalangan Universitas dan Industri Migas dalam dan luar negeri, Kepala Distamben Provinsi Riau dan staf, BUMD (BOB PT. BSP-PH), PT. SPR Holding, PT. SPR Langgak, PT Riau Petroleum dan PT. Siak Pertambangan Energi.
 
Sedangkan Universitas yang mengikuti acara yang disiapkan sejak 4 bulan yang lalu diantaranya Kyushu Univ (Jepang), Inha Univ (Korsel), UKM dan UTM (Malaysia), Sebha Univ (Libya), Ho Chi Minh University Technology (Vietnam) dan Univ Pertamina.
 
Sementara itu kegiatan ini didukung oleh Institusi/Company dari dalam dan luar negeri seperti BOB PT. BSP-PH, PT. SPRL Langgak, EMP Bentu Ltd, EMP Malacca Strait, CMG (Calgary), Ukraina, GLPP (German), BHGE (Australia), CDI Oil Service (Rumania) dan Schlumberger (Indonesia).
 
Setelah sesi pagi hari diisi oleh 5 keynote speaker dilanjutkan dengan presentasi technical dari Univ dalam dan luar negeri serta oil and service company yang memaparkan terkait dengan technology terkini dalam rangka peningkatan oil recovery sesuai dengan topik yang diangkat dalam seminar ini.
 
"Salah satu hal yang diperoleh dari kegiatan ini adalah membangun sinergi antara perguruan tinggi dengan pihak industri. Kegiatan ini merupakan event international yang terbesar diadakan pada tahun ini," ucap Rektor Univ Islam Riau, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL.
 
Networking international terus dilakukan oleh Ketua Prodi Teknik Perminyakan UIR, Dr. Eng. Muslim yang merupakan lulusan S3 dari Korsel dengan topik researchnya injeksi gas karbon dioksida.
 
Dengan adanya event international seperti ini, akan memberikan banyak manfaat bagi pengembangan kerjasama kedepannya seperti akan mempersiapkan MoU dengan Ho Chi Minh Univ (Vietnam), Kyushu Univ (Jepang), Univ Pertamina, Sebha Univ (Libya), The Petroleum Gas University of Ploiesti (Rumania).
 
Dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Islam Riau memberikan sertifikat kepada Computer Modeling Group (CMG) dari Calgary yang telah mendonasikan 20 lisensi software ke laboratorium simulasi Teknik Perminyakan UIR senilai USD 1 juta.
 
Kesuksesan kegiatan ini didukung dari berbagai pihak seperti perwakilan SKK Migas Sumbagut serta K3S seperti PT. CPI dan PT, SPR Langgak yang telah memberikan dukungan sebagai sponsor kegiatan seminar international hari ini serta Universitas Islam Riau yang telah mensupport kegiatan yang bertaraf international ini.
 
Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan international joint field trip mulai tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2018 dengan mengunjungi PT. CPI di Minas Field, BOB PT. BSP-PH di Zamrud Oil Field dan EMP Bentu Ltd (gas field).
 
"Ini akan menjadi event rutin yang akan dilakukan setiap tahunnya di Prodi teknik UIR setelah mendapat dukungan dari berbagai pihak yang hadir pada hari ini. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahun 2019 nanti. Semoga mempercepat UIR unggul 2020 di Asia Tenggara," ucap Dr. Eng. Muslim. (rls/red)

Berita Lainnya

Index