Satgas Gabungan Padamkan Api Karhutla di Dusun Kampung Balak

Dibaca: 1346 kali  Rabu,29 Agustus 2018 | 10:22:00 WIB

Satgas Gabungan Padamkan Api Karhutla di Dusun Kampung Balak
Ket Foto : Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP La Ode Proyek bersama personel TNI melakukan upaya pendinginan di lokasi karhutla

MERANTI - Tim Satuan Tugas penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan gabungan unsur Polri, TNI, TRC-BPBD, Satpol PP dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Tanjung Peranap, sudah tiga hari berjibaku memadamkan api Karhutla di Dusun Kampung Balak, sejak Senin tanggal 27 sampai Rabu 29 Agustus 2018.
 
Kalaksa BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal melaporkan, upaya pemadaman api dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP. La Ode Proyek beserta Kalaksa BPBD, Danramil 02 Tebing Tinggi, Kapolsek dan Camat Tebing Tinggi Barat.
 
"Situasi terakhir tim masih melakukan pemadaman lanjutan dan pendinginan, firespot nihil, namun masih ada asap di tengah-tengah areal yang berasal dari sisa tunggul kayu yang belum sempat dilakukan pendinginan, karena prioritas tim untuk pemblokiran api yang berada di pinggir hutan," ungkapnya.
 
 
Areal yang terbakar, kata Edy Afrizal, merupakan lahan gambut, belukar, kebun kelapa dan hutan. Kebakaran terjadi karena adanya pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa milik warga.
 
"Penyebab kebakaran, pelaku dan pemilik lahan sedang dalam lidik Polres Kepulauan Meranti, luas lahan yang terbakar perkiraan sementara lebih kurang 5 hektare," ujarnya.
 
Kendala di lapangan, jelasnya, lokasi TKP cukup sulit karena harus ditempuh lewat jalur laut sekira 40 menit dengan menggunakan speedboat dan jalur darat 30 menit dengan menggunakan sepeda motor dari Kota Selatpanjang.
 
"Selain itu kondisi di TKP angin kencang dan cuaca panas. Api agak sulit dipadamkan karena lahan gambut dan kekurangan mesin pompa dan selang," jelasnya.
 
Adapun peralatan yang digunakan oleh 66 orang Tim Satgas Gabungan, antara lain 2 Unit mesin pompa merk shibaura, 1 Unit mesin pompa merk honda, 2 Unit Ministriker, 3 Unit trail, 2 Unit sepeda motor, 1 Unit Speedboat, 2 Unit Drone dan 1 Unit genset. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com