Pemkab Meranti Fasilitasi Program Dana Kemitraan PT Timah Tbk

Dibaca: 439 kali  Senin,01 Oktober 2018 | 09:57:00 WIB

Pemkab Meranti Fasilitasi Program Dana Kemitraan PT Timah Tbk
Ket Foto : Foto bersama usai penyerahan dana bergulir kemitraan PT. Timah Tbk bersama UKM

MERANTI – Pemkab Kepulauan Meranti melalui Disperindagkop UKM mendukung program kemitraan PT. Timah Tbk dengan kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah ini. Dukungan itu dalam bentuk memfasilitasi setiap proposal pinjaman dana kemitraan bergulir dari perusahaan.
 
Hal itu terungkap dalam kegiatan penyaluran dana kemitraan PT. Timah Tbk kepada sejumlah pelaku UKM, yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, di Gedung Orange Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin 1 Oktober 2018.
 
Sekda dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berkomitmen memberikan kemudahan kepada setiap perusahaan yang beroperasi di Kepulauan Meranti, baik dalam hal perizinan maupun regulasi, agar pihak investor merasa tenang dan nyaman mengembangkan usahanya di daerah ini.
 
Namun disamping itu, Pemkab Kepulauan Meranti berharap agar keberadaan perusahaan dapat memberikan manfaat bagi pemberdayaan ekonomi dan perkembangan kesejahteraan masyarakat, seperti melalui program penyaluran dana kemitraan yang dilakukan oleh PT. Timah Tbk.
 
Penyerahan dana pinjaman bergulir program kemitraan PT. Timah Tbk untuk triwulan 3 tahun 2018 kepada perwakilan UKM penerima, serta penyerahan dana bantuan pelaksanaan kejuaraan silat sebesar 50 juta rupiah yang diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rizki Hidayat, dilakukan oleh Staf Khusus GM PT. Timah Tbk, Hamadi Hamid, disaksikan Sekretaris Daerah Yulian Norwis dan sejumlah pejabat lainnya, dengan total  bantuan berjumlah 735 Juta Rupiah.
 
Penyaluran dana kemitraan PT. Timah Tbk ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya bantuan serupa juga telah diserahkan sebesar 570 juta rupiah. Jika di total secara keseluruhan, bantuan PT. Timah Tbk yang telah disalurkan telah berjumlah 1,3 miliar rupiah lebih.
 
Menanggapi itu, Sekretaris Daerah Yulian Norwis mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada PT. Timah Tbk, yang telah berupaya membuktikan eksistensinya dengan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam membantu para pelaku usaha dan UKM dalam mengembangkan dan kelangsungan usahanya.
 
"Semoga keberadaan PT. Timah benar benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya yang berada di Kecamatan Rangsang wilayah operasinya, dalam meningkatkan ekonomi dan menciptakan kemandirian UKM," ucap Sekda.
 
Kedepan Sekda berharap, keberadaan PT. Timah Tbk, bukan saja dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pelaku UKM yang ada diwilayah operasinya, tetapi juga di Kecamatan lain yang mengajukan proposal bantuan sesuai dengan potensi usaha yang akan dikembangkan.
 
"Harapan kami bantuan yang diberikan PT. Timah bukan hanya di wilayah kerja Kecamatan Rangsang saja, tapi juga bagi para pelaku UKM yang berada di Kecamatan lain di Kabupaten Kepulauan Meranti yang butuh dana untuk mengembangkan usahanya," harap Sekda, termasuk juga dalam mendukung pemasaran produk hasil usaha yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdangangan dan Usaha Kecil Menengah.
 
Kepada para penerima bantuan, Sekda berpesan agar memanfaatkan dana yang diberikan sesuai dengan peruntukannya yakni mengembangkan usaha bukan untuk konsumtif lainnya. Karena keberhasilan dari program kemitraan itu diukur dari seberapa besar perkembangan usaha dan tingkat kemandiran para pelaku UKM penerima.
 
"Kepada penerima, saya harap dapat memanfaatkan dana itu dengan baik, jangan dijadikan uang konsumtif, tetapi benar benar untuk pengembangan usaha agar dapat bermafaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan," ucap Sekda lagi.
 
Harapan Sekda, bantuan dana bergulir program kemitraan PT. Timah Tbk, selain diperuntukan untuk membantu para pelaku UKM, juga dapat diberikan kepada para Petani dan Nelayan khususnya yang berada di Kecamatan Rangsang, sehingga potensi perikanan dan pertanian yang menjadi sumber pendapatan terbesar masyarakat Meranti juga dapat dikembangkan.
 
"Ini juga sebagai alternatif dalam membantu Nelayan ketika tidak bisa melaut, dalam bentuk usaha di darat, sehingga tidak kesulitan dalam mencukupi kebutuhan ekonominya," jelas Sekda.
 
Lebih jauh dijelaskan Sekda, posisi Kecamatan Rangsang yang cukup jauh dari pusat kota, sangat menyulitkan masyarakat dalam mendapatkan dan membeli kebutuhan pokoknya, kondisi itu menurut Sekda, dapat diambil oleh PT. Timah dengan membuat koperasi yang bergerak dibidang jual beli kebutuhan pokok. Selain memberikan keuntungan lebih kepada anggota koperasi, juga dapat membantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokoknya.
 
"Topang dan Rangsang cukup jauh dari pusat kota, jika dibuat koperasi yang melayani kebutuhan pokok sangat membantu masyarakat, sehingga tidak jauh jauh lagi belanja, mungkin PT. Timah dapat memfasilitasinya," papar Sekda.
 
Terakhir kepada para Camat dan aparaturnya, Sekda meminta untuk mengawal bantuan dana bergulir yang telah diberikan oleh PT. Timah, sehingga program kemitraan tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar benar mampu mendongkrak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Diiformasikan juga, seperti dijelaskan Kasi Pembiayaan pada Bidang Koperasi dan UKM Disperindagkop UKM, Desi Kartika Sandra, bantuan yang diberikan oleh PT. Timah kali ini bukanlah bantuan yang terakhir, kedepan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan timah itu juga akan memberikan bantuan serupa kepada para pelaku UKM lainnya.
 
Untuk itu bagi masyarakat para pelaku UKM yang berminat dapat mengajukan proposal usahanya ke Bidang Koperasi dan UKM untuk dipelajari.
 
"Jika ada masyarakat pelaku UKM yang berminat silahkan masukan proposalnya ke kami, dan akan kita fasilitasi untuk memperoleh bantuan dana bergulir dari PT. Timah Tbk," ujarnya. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com