Keberadaan Lembaga DAPM Sangat Dibutuhkan Masyarakat

Dibaca: 707 kali  Kamis,25 Oktober 2018 | 10:58:00 WIB

Keberadaan Lembaga DAPM Sangat Dibutuhkan Masyarakat
Ket Foto : Camat Tebing Tinggi, Helfandi, saat menyerahkan dana bergulir kelompok usaha perempuan kepada ketua kelompok pemanfaat

MERANTI – Pengelolaan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) yang berasal dari eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd), sangat berperan dalam meningkatkan ekonomi golongan masyarakat menengah kebawah.
 
Hal itu diungkapkan Camat Tebing Tinggi, Helfandi, usai mengikuti kegiatan penyaluran dana bergulir bagi kelompok usaha perempuan tersebut, di Kelurahan Selatpanjang Timur, Rabu 24 Oktober 2018 kemarin.
 
Pada kegiatan itu, hadir Lurah Selatpanjang Timur, Robert Saputra, Ketua Unit Pengelola Kegiatan, Junawan, Ketua Badan Pemeriksa Unit Pengelola Kegiatan, Ade Irawan, Tim Verifikasi dan sejumlah pengurus kelembagaan DAPM lainnya.
 
Camat Helfandi mengatakan, dengan kondisi ekonomi saat ini, keberadaan lembaga pengelola Dana pinjaman lunak ini sangat dibutuhkan masyarakat.
 
"Keberadaan Unit Pengelola Kegiatan dana amanah pemberdayaan masyarakat ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi dengan kondisi ekonomi kita yang semraut saat ini," ujarnya.
 
Untuk itu, Camat Helfandi berpesan kepada UPK bersama unsur kelembagaan lainnya dibawah koordinasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), agar dana yang dicairkan kepada kelompok usaha khusus perempuan ini tepat sasaran.
 
"Lakukan verifikasi dengan benar, jangan ada permainan dalam proses pencairannya," ingatnya.
 
Sedangkan kepada kelompok penerima pinjaman, Camat mengharapkan untuk berkomitmen dan harus konsisten dalam pengembalian. "Karena keuntungan dari angsuran setiap bulan akan digulirkan kepada pihak atau kelompok lain yang membutuhkan," jelas Camat.
 
Sebagaimana data pada Sekretaris Unit Pengelola Kegiatan, Al Gafur, saat ini lembaga DAPM sudah melakukan 26 kali periode perguliran. Pada periode ke–26 ini disalurkan untuk 12 kelompok di beberapa Desa dan Kelurahan, dengan total dana 888 juta rupiah. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com