Musim Hujan, Camat Tebing Tinggi Ingatkan Jajaran Antisipasi DBD

Musim Hujan, Camat Tebing Tinggi Ingatkan Jajaran Antisipasi DBD
Camat Tebing Tinggi, Helfandi, SE, MSi saat menyampaikan pengarahannya
MERANTI - Siklus cuaca musim penghujan sangat rentan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu, Camat Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Helfandi, mengajak jajaran terkait, seperti Puskesmas, Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.
 
Ajakan itu disampaikan Camat Helfandi saat membuka kegiatan lokakarya mini triwulan ke-3 Puskesmas Alahair, Kecamatan Tebing Tinggi, yang dilaksanakan di Kopitiam Resto, Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Kamis 25 Oktober 2018.
 
Lokakarya mini itu dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, bertujuan sebagai momen evaluasi terkait program kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan di Desa dan Kelurahan wilayah kerja Puskesmas Alahair. Pada kegiatan itu dibahas isu-isu aktual untuk dicarikan solusi bersama.
 
Camat Helfandi dalam pengarahannya mengaku mendapat laporan masyarakat, bahwa telah terjadi kasus penderita DBD yang berada diperbatasan Kelurahan Selatpanjang Timur wilayah kerja Puskesmas Selatpanjang dengan Desa Banglas wilayah kerja Puskesmas Alahair.
 
Menyikapi laporan itu, mantan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini meminta pihak Puskesmas agar segera melakukan fogging di area pemukiman, termasuk sekolah pasien penderita DBD.
 
“Karena kasus ini berada diperbatasan, maka penanganannya dilakukan oleh dua Puskesmas,” pintanya.
 
Selain itu, kepada para Kepala Desa dan Lurah, Camat menginstruksikan agar dapat membawa masyarakat melalui Ketua RT dan RW untuk melakukan gotong royong membersihkan parit atau drainase yang ada di lingkungan masing masing, agar tidak terjadi genangan air tempat bersarangnya nyamuk.
 
“Kegiatan fogging hanya membunuh nyamuk nyamuk besar, sedangkan anak anak dan telur nyamuk itu terkadang tidak terbasmi, sehingga perlu juga dilakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan,” ujarnya.
 
Kepada masyarakat, Camat Helfandi berpesan apabila mengetahui adanya kasus penderita DBD, diharapkan segera melapor ke Puskesmas, supaya dapat ditangani sesegera mungkin.
 
Hadir pada kegiatan lokakarya itu Wakapolsek Tebing Tinggi, staf Koramil 02 Tebing Tinggi, Kepala Puskesmas Alahair, Sista Nirmala, para Kepala Desa dan Lurah wilayah kerja Puskesmas Alahair, para Kader Posyandu, Kader Lansia, PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan, serta para pemuka masyarakat. (red)

Berita Lainnya

Index