Pejabat Meranti Diminta Laksanakan Sumpah Jabatan Dengan Baik

Pejabat Meranti Diminta Laksanakan Sumpah Jabatan Dengan Baik
Prosesi pelantikan 58 orang pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti
MERANTI – Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, meminta seluruh pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah dilantik memangku sebuah jabatan, untuk melaksanakan sumpah yang telah diucapkan dengan sebaik-baiknya.
 
Hal itu disampaikan Wabup Said Hasyim dalam pengarahannya, saat prosesi pelantikan 58 orang pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Afifa Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang, Selasa 9 Oktober 2018.
 
Turut hadir saat kegiatan itu sejumlah perwakilan unsur Forkopimda, Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner, Kepala BKD Kepulauan Meranti, Alizar, para Kepala Badan, Dinas, Kantor, Kepala Bagian serta Camat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.
 
Dari 58 orang yang dilantik, 20 orang diantaranya merupakan pejabat eselon III dan 38 orang lainnya pejabat eselon IV. Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipandu oleh Wakil Bupati dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan pejabat yang dilantik.
 
Dalam pidatonya usai melakukan pelantikan, Wakil Bupati Said Hasyim menegaskan bahwa mutasi dalam sebuah organisasi pemerintahan adalah hal biasa. Mutasi merupakan amanah dari pimpinan sebagai pendelegasian tugas dan kebijakan kepada staf yang dipercaya untuk dijalankan dengan baik.
 
"Mutasi merupakan hal biasa dan merupakan amanah dari pimpinan, untuk itu harus dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai sesuai dengan sumpah yang diucapkan," ujar Wakil Bupati.
 
Diingatkannya, pejabat eselon III dan IV dalam organisasi pemerintahan merupakan ujung tombak pelayanan public, dengan menjalankan kebijakan serta memperhatikan situasi dan kondisi juga kebutuhan masyarakat. Agar kebijakan itu berjalan dengan baik, maka tidak boleh lepas dari kontrol dan pembinaan pejabat eselon II sebagai pengendali.
 
Menurutnya, saat ini sebagian besar pejabat hanya bisa bekerja jika dana daerah sudah tersedia, pemikiran ini kata Wabup sangat keliru, karena anggaran hanyalah salah satu bagian dalam menjalankan tugas dan APBD bukanlah satu-satunya anggaran yang dapat dipergunakan.
 
Untuk itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim meminta seluruh pejabat dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dan juga mengupayakan sumber-sumber dana lain baik dari APBD Provinsi maupun APBN Pusat.
 
"Apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab tetap harus dijalankan, jangan menunggu datangnya duit. Saat ini jika tidak ada dana tidak jalan, itu keliru... jalankan apa yang bisa dilakukan dengan terus mengupayakan sumber dana lain, baik Provinsi maupun Pusat," ujarnya.
 
Lebih jauh dikatakan Wakil Bupati, yang terpenting dilakukan oleh seorang pejabat adalah tetap bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga apa yang diharapkan masyarakat yakni peningkatan kesejahteraan dan kemudahan mobilitas dapat diwujudkan.
 
Terakhir, Wakil Bupati Kepulauan Meranti meminta kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, untuk membina kerjasama yang baik ditempat yang baru dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. "Teruslah tingkatkan kerjasama dan bekerja dengan baik serta ikhlas," ingatnya. (rls/red)

Berita Lainnya

Index