Kades Dituntut Mampu Maksimalkan Pengelolaan APBDes

Kades Dituntut Mampu Maksimalkan Pengelolaan APBDes
Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, saat menyampaikan sambutan dan pengarahannya
YOGYAKARTA - Seluruh Kapala Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti dituntut mampu memaksimalkan pengelolaan dana dan kegiatan yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.
 
Hal itu dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, dalam sambutannya saat membuka Bimtek peningkatan kapasitas aparatur desa, dengan tema tata kelola keuangan desa dan inovasi membangun desa, yang digelar oleh TP4D Kabupaten Kepulauan Meranti, di Yogyakarta, belum lama ini.
 
Bupati Irwan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Bupati berharap pada tahun 2019 mendatang seluruh pemerintah desa di Kepulauan Meranti dapat melakukan pembangunan desa dengan memaksimalkan pengelolaan seluruh komponen anggaran desa dengan baik dan benar.
 
"Anggaran di Desa menjadi stimulan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Desa harus menjadi terdepan dalam berbagai program pembangunan, dengan demikian pembangunan yang dilaksanakan akhirnya akan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," ucapnya.
 
Untuk itu, kata Irwan, para Kepala Desa sangat diharapkan mampu mengemban tugas dan membawa desa ke arah yang lebih baik, tidak asal melaksanakan pembangunan tanpa kajian mendalam, sehingga anggaran yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.
 
Program pembangunan yang akan dilaksanakan di desa, lanjut Bupati Irwan, juga harus melalui musyawarah dari seluruh elemen masyarakat desa. Dengan demikian, apapun bentuk pembangunan yang dilaksanakan akan memberikan manfaat nyata bagi kemajuan desa.
 
"Untuk pengelolaan dan manajemen keuangan desa yang baik dan benar itulah tujuan Kepala Desa harus jauh jauh datang ke Pulau Jawa ini, dengan harapan dapat mengadopsi sepenuhnya ilmu yang dipelajari selama mengikuti Bimtek," ujarnya.
 
Menurut Bupati, kegiatan itu juga bisa disebut sebagai kegiatan studi tiru, yang nantinya akan dibawa pulang dan dipraktekkan di desa masing-masing di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Bupati juga mengingatkan kepada seluruh Pemerintah Desa agar melakukan inovasi di desanya, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa meningkat dan pada akhirnya masyarakat semakin sejahtera dan desa pun jadi mandiri.
 
Hadir selaku penyelenggara kegiatan itu dari TP4D Kepulauan Meranti, yakni Kasi Pidsus Kejari Meranti, Robby Prasetya dan Kasi Intelijen Kejari Meranti, Zia Ulfa. Hadir pula Asisten III Setdakab Meranti, Rosdaner, Kadis PMD, Ikhwani dan pejabat terkait lainnya. (rls/red)

Berita Lainnya

Index