Sekda Kepulauan Meranti Cek Disiplin dan Realisasi Program OPD

Sekda Kepulauan Meranti Cek Disiplin dan Realisasi Program OPD
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Yulian Norwis SE MM, saat melakukan sidak ke ruang kerja pegawai Dinas PMD
MERANTI - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Yulian Norwis SE MM, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sidak bertujuan untuk mengecek disilin pegawai dan progres pelaksanaan program, Rabu 7 November 2018.
 
Saat sidak itu, Sekda Yulian Norwis didampingi Asisten III Setdakab Rosdaner, Kepala DPMPD Ikhwani, Kadis Dukcapil Hariyandi, Kadis Parpora, Rizki Hidayat dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab, Hery Saputra.
 
Lokasi pertama sidak yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Di OPD ini Sekda dan rombongan disambut Kepala DPMPD Ikhwani dan Sekretaris Edi M. Nur. Sekda melakukan peninjauan ke seluruh ruangan untuk memastikan kinerja pegawai berjalan sesuai harapan.
 
Untuk melihat disiplin pegawai di OPD tersebut, Sekda bersama Asisten III Setdakab juga mengecek absensi pegawai satu persatu dan meminta Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) untuk mengambil absensi sebagai bahan evaluasi.
 
Hal yang ditekankan Sekda kepada seluruh pegawai baik ASN maupun Honorer adalah tetap melaksanakan aktifitas sesuai dengan tugas dan fungsi yang telah diberikan oleh pimpinan, karena acap kali Sekda mendapati ruangan pegawai kosong saat pimpinan tidak ada di tempat.
 
Menurutnya, jika hal itu terus terjadi otomatis pelayanan kepada masyarakat akan terkendala, apalagi untuk sejumlah satuan kerja yang fokus pada bidang pelayanan seperti Disdukcapil, Penanaman Modal, Dinas Pendidikan dan lainnya.
 
"Saya minta kepada seluruh pegawai tetap berada di kantor dan menjalankan tugas seperti biasa, jangan sampai ketika pimpinan tidak ada pegawai dibawahnya juga tidak ada, karena itu bisa menghambat proses pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekda mengingatkan.
 
Pada kunjungannya kali ini, Sekda dan rombongan juga berkesempatan melihat proses permohonan pembuatan KTP dan KK oleh Disdukcapil. Sekda juga melakukan dialog dengan masyarakat terkait seberapa baik pelayanan yang diberikan.
 
Kemudian, selain mengecek Disiplin dan Kinerja Pegawai, Sekda juga menanyakan sejauh mana progres program strategis yang telah dijalankan OPD, misalnya di DPMD soal dana ADD, di Disdukcapil proses legalisir dokumen syarat permohonan beasiswa seiring dibukanya usulan beasiswa oleh Pemda, Disparpora terkait persiapan pelaksanaan Iven Wisata Tahunan Cian Cui dan Pembinaan Olahraga Angkat Berat, Dinas Pendidikan tentang pembinaan sekolah dan Pencairan Dana Bos.
 
Tak luput dari perhatian Sekda dan rombongan adalah kondisi gedung dan fasilitas pendukung operasional pegawai di masing-masing OPD yang dikunjungi, seperti kondisi ruangan, AC, Komputer, Listrik, WC dan Mobiler.
 
Menurut Sekda hal itu cukup penting karena berkaitan dengan kenyamanan pegawai pengguna ruangan dan fasilitas, sebab hal itu berkaitan juga dengan kinerja. "Kalau sudah tidak nyaman tentu pegawai tidak akan betah diruangan dan lagi lagi pelayanan akan terkendala," ucap Sekda.
 
Selain itu, jika ruangan dan kantor tertata dengan baik dan bersih akan memberikan kesan yang baik kepada setiap tamu atau masyarakat yang dilayani.
 
Dari hasil sidak yang dilakukan, absensi kehadiran dinilai sudah cukup baik, begitu juga dalam hal kinerja dan pelayanan, meski begitu masih ditemui juga ASN dan Honorer yang membandel.
 
"Untuk yang tidak hadir di kantor, saya minta Bagian Ortal mengambil rekap absen sebagai bahan evaluasi pemberian sanksi sesuai aturan yang berlaku," tegasnya. (rls/red)

Berita Lainnya

Index