Bupati Meranti bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau Resmikan Masjid di Tanah Merah

Bupati Meranti bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau Resmikan Masjid di Tanah Merah
Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau, M. Diah SH MH melakukan peresmian Masjid Nurul Najah di Desa Tanah Merah
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau, M. Diah SH MH melakukan peresmian Masjid Nurul Najah di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir. Peresmian masjid yang terletak di salah satu daerah terluar Kabupaten Kepulauan Meranti itu dipusatkan di halaman Masjid, Jumat 9 November 2018.
 
Turut hadir Kadis Pendidikan Meranti, Drs. Nuriman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti, Hery Saputra SH, Kepala Bagian Kesra, Husni Gamal, Kepala Bagian Kominfo, Syaiful Ikram, Kepala Bagian Perbatasan Efialdi, Camat Rangsang Pesisir, M. Nasir, Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti, Perwakilan Dinas Sosial, Kades Tanah Merah Rusli, Kepala Cabang Bank Mandiri Syariah Selatpanjang Andi Oki, Ustadz H. Ahmad Fauzy, Tokoh Masyarakat, Agama dan lainnya.
 
Ustadz Fauzy dalam Tausiahnya mengajak seluruh umat muslim untuk meramaikan masjid, ia berpesan jangan sampai ketika rumah Allah itu semakin indah semakin minim dikunjungi. Menurut Ustadz dengan meramaikan masjid bukan saja ikut memakmurkannya tapi juga turut menegakkan agama Islam. Seperti dikatakan Nabi Muhammad SAW sesungguhnya hampir tidak ada alasan bagi muslim lelaki dewasa untuk sholat di rumah. Dan bagi orang yang selalu memakmurkan Masjid akan dibalas oleh Allah dengan berbagai kebaikan.
 
"Bagi orang yang meramaikan masjid akan dibalas oleh Allah, ketika orang lain kesulitan meniti sirathal mustaqim, maka ia akan dengan mudah melaluinya," jelas Ustadz H. Fauzy.
 
 
Kades Tanah Merah Rusli, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kepulauan Meranti dan rombongan yang telah hadir dalam acara peresmian Masjid Nurul Najah.
 
Dikatakan Kades Tanah Merah, pembangunan Masjid Nurul Najah telah dimulai sejak tahun 2007 lalu, awalnya masjid yang menjadi tempat ibadah masyarakat Desa Tanah Merah ini terbuat dari kayu yang sangat sederhana, namun berkat partisipasi dan swadaya masyarakat serta dukungan semua termasuk Pemda Kepulauan Meranti berhasil berdiri sebuah Masjid yang cukup megah yang saat ini diresmikan oleh Bupati Kepulauan Meranti.
 
Diharapkan Kades, kedepan Masjid Nurul Najah ini bukan hanya sebatas menjadi tempat ibadah, namun juga dapat menjadi tempat berembuk bagi masyarakat desa dalam rangka membangun Tanah Merah yang dicintai.
 
Selanjutnya Kades Rusli juga menyampaikan perkembangan desa dalam kurun beberapa waktu terakhir. Dimana sebanyak 6 paket jalan lingkungan sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat setempat telah dibangun.
 
"Alhamdulilah dengan menggunakan dana ADD telah banyak dibangun jalan lingkungan, kini tinggal lagi pembangunan jalan Poros oleh Pemkab Kepulauan Meranti yang sangat dinanti-nanti masyarakat," ujar Kades Tanah Merah.
 
Terkait peresmian Masjid Nurul Najah, juga mendapat tanggapan dari Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau HM. Diah SH MH, ia mengatakan jajaran Kemenkum HAM Riau juga telah berupaya membantu pembangunan Masjid tersebut, bantuan itu berasal dari sumbangan jajaran Kemenkum HAM Riau yang terkumpul sejak HM. Diah menjabat sebagai Kakanwil Kemenkum HAM Riau. Bantuan itu diserahkan langsung oleh istri HM. Diah kepada perwakilan pengurus Masjid Nurul Najah.
 
Kepada Pemkab Kepulauan Meranti, putra asli Tanah Merah itu berharap selain memberikan dukungan pembangunan Masjid Nurul Najah, ia juga meminta Pemda untuk menggesa penuntasan pembangunan jalan poros, hal itu cukup penting dalam rangka melancarkan aksesibilitas orang dan barang di wilayah itu seperti yang diharapkan oleh masyarakat.
 
 
Setelah mendengar semua aspirasi dari masyarakat yang disampaikan oleh Kepala Desa Tanah Merah dan Kakanwil Kemenkum HAM Riau, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenkum HAM Riau atas partisipasinya mensukseskan pembangunan Masjid kebanggaan warga Tanah Merah itu.
 
Ia berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa memakmurkan masjid dan memanfaatkan masjid yang cukup megah itu untuk menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan desa.
 
Diakui Bupati, Masjid Nuruh Najah yang diresmikannya belum sempurna 100 persen, masih ada beberapa bagian yang perlu pembenahan seperti halaman masjid yang masih tanah gambut dan belum adanya pagar.
 
Untuk itu, kedepan Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas PU akan membuat perencanaan sehingga pemasangan paving block dan pagar masjid segera dapat dilakukan.
 
"Saya minta Dinas PU segera membuat perencanaan untuk memasang paving block dan pembuatan pagar. Aspirasi masyarakat dan Pak Kanwil itu akan kita upayakan," ucap Bupati.
 
"Semoga pembangunan Masjid ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT," ucapnya lagi.
 
Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang akan dijalankan di Kecamatan Rangsang Pesisir tahun 2019. Diantaranya adalah pembangunan Puskesmas Rawat Inap di perbatasan Desa Kedabu Rapat dan Tanah Merah.
 
"Insya Allah, tahun depan kita akan membangun Puskesmas Rawat Inap, anggaran sudah disiapkan sebesar 8,5 miliar rupiah," ucap Bupati Irwan.
 
 
Begitu juga pembangunan Kantor Urusan Agama Kecamatan Rangsang Pesisir, menurut informasi yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Meranti kepada Bupati, di tahun 2019 nanti juga akan dibangun Kantor Urusan Agama di Kecamatan ini.
 
"Semoga dengan adanya Kantor Urusan Agama di Rangsang Pesisir dapat mempermudah masyarakat mengurus nikah dan urusan haji," harap Bupati.
 
Terkait pembangunan jalan sendiri, Bupati Irwan menyampaikan, saat ini sesuai dengan program prioritas Pemkab Kepulauan Meranti, telah dibangun jalan di Desa Sonde menuju Tanah Merah sepanjang 10 kilometer dengan lebar 7 meter.
 
"Harapan kita dengan terbangunya jalan poros itu semakin mempermudah arus lalu lintas masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," harap orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu.
 
Selain itu dengan fasilitas jalan yang semakin baik, akan mempermudah membawa masyarakat sakit menuju ke Selatpanjang, untuk segera dapat penanganan medis.
 
Sekedar informasi, selain melakukan peresmian Masjid Nurul Najah, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan dan Kakanwil Kemenkum HAM Riau M. Diah juga menyempatkan diri meninjau Puskesmas Pembantu Desa Kedabu Rapat dan proses pembangunan Kantor Camat Rangsang Pesisir yang berada di Desa Telesung. (adv)

Berita Lainnya

Index