Kapolres Kampar Inspektur Upacara Ziarah Hari Pahlawan

Kapolres Kampar Inspektur Upacara Ziarah Hari Pahlawan
Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2018 di Taman Makam Pahlawan Kusuma Eka Bakti Bangkinang
KAMPAR - Sabtu 10 November 2018, sekira pukul 09.40 WIB, di Taman Makam Pahlawan Kusuma Eka Bakti Bangkinang dilaksanakan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2018 tingkat Kabupaten Kampar.
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, dengan Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0313/ KPR Kapten Inf. Daswat dan Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 0313/ KPR Kapten Inf. Yuhardi.
 
Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Dandim 0313/ KPR yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Armen Koto, Kajari Kampar Dwi Antoro MH, Kakan Kemenag Kampar Alfian Mag, Kepala OPD Jajaran Pemda Kampar, Perwira Polres Kampar dan Perwira Kodim 0313/ KPR.
 
Untuk peserta upacara terdiri dari Personel TNI dari Kodim 0313/ KPR dan Yonif 132/ Bimasakti, Personel Polres Kampar, Anggota FK PPI Kampar dan Persit Kodim 0313/ KPR.
 
Upacara Ziarah Nasional ini diawali Penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan yang dipimpin Komandan Upacara dan dilanjutkan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.
 
Berikutnya Peletakan Karangan Bunga oleh Inspektur Upacara di depan tugu Pahlawan dilanjutkan pembacaan do'a, upacara diakhiri dengan Penghormatan terakhir kepada Arwah Para Pahlawan.
 
Setelah upacara dilakukan Tabur Bunga di Makam Pahlawan oleh Kapolres Kampar bersama anggota Forkopimda Kampar lainnya, kegiatan berakhir pada pukul 10.20 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.
 
 
Sebelumnya sekira pukul 07.20 Wib, di lapangan Upacara Mapolres Kampar juga dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 dengan tema "Semangat Pahlawan di Dadaku".
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara Waka Polres Kampar Kompol B.E Banjarnahor SIK, MH mewakili Kapolres Kampar yang pada waktu bersamaan mengikuti Upacara di tingkat Kab. Kampar. Untuk Perwira Upacara adalah Iptu Try Widyanto SIK dan Komandan Upacara Ipda Nyoman Santhi Purwani S.Tr.k.
 
Upacara diikuti Pejabat Utama Polres Kampar, Para Perwira dan segenap Personel Polri serta ASN Jajaran Polres Kampar.
 
Mengawali Upacara ini dilakukan Pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
 
Kemudian Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara dan dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang ditirukan seluruh peserta upacara.
 
Setelah Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dilanjutkan Pembacaan Pesan-pesan Pahlawan Nasional.
 
Dalam amanatnya Waka Polres Kampar selaku Inspektur Upacara membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018.
 
Dikatakannya, setiap tahun pada tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 73 tahun lalu yang merupakan perang fisik pertama setelah kemerdekaan Bangsa Indonesia.
 
Pada hari ini bangsa Indonesia juga mengenang keberanian serta semangat pantang menyerah dan pengorbanan tanpa pamrih para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita dengan mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh hingga saat ini.
 
Peringatan Hari Pahlawan ini juga sebagai momentum untuk introspeksi diri, seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan.
 
Mengakhiri amanat ini, Menteri Sosial RI menyampaikan ucapan Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan didada dan torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara.
 
"Selain itu kita diingatkan untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial, semoga semangat Pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," ucapnya.
 
Upacara diakhiri dengan Pembacaan Do'a dan selesai pada pukul 07.45 Wib, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar. (bakar)

Berita Lainnya

Index