Pemko Pekanbaru Fokus Bayarkan Utang Tahun 2017

Pemko Pekanbaru Fokus Bayarkan Utang Tahun 2017
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM Noer
PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru akan memprioritaskan utang atau tunda bayar yang terjadi di tahun 2017 lalu. Nantinya, tunda bayar akan diprioritaskan untuk segera dibayarkan melalui APBD Perubahan 2018.
 
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM Noer MBS, mengatakan, meskipun pada tahun 2018 ini diprediksi juga akan ada pekerjaan yang tunda bayar. Namun pihaknya akan memprioritaskan pekerjaan tunda bayar pada tahun 2017 untuk diselesaikan terlebih dahulu.
 
"Kalau tunda bayar tahun 2017 itu ada Rp158 Miliar, kalau tahun 2018 inikan kami belum tahu. Itu nanti tergantung yang dikerjakan dan uang terakhir yang masuk, jadi kami belum dapat gambaran berapa besarannya. Tapi tetap yang jadi prioritas kami adalah tunda bayar tahun 2017," kata M Noer, Rabu 14 November 2018.
 
Dikatakan M Noer, sejak awal adanya pekerjaan besar yang dikerjakan rekanan, pihaknya juga sudah memberikan informasi kepada rekanan tersebut terkait teori kemungkinan uang tidak keluar. Hal tersebut dilakukan, agar ketika pekerjaan selesai namun belum bisa dibayarkan, rekanan tersebut tidak terkejut.
 
"Jadi kemungkinan akan adanya tunda bayar tersebut juga sudah kami sampaikan. Dan beberapa rekanan juga sudah mengetahui hal tersebut," ujarnya.
 
Terkait realisasi APBD Kota Pekanbaru hingga saat ini, M Noer mengatakan bahwa realisasi masih rendah. Mengenai berapa angka realisasi anggaran tersebut, menurutnya setelah dilakukan evaluasi nanti baru diketahui berapa angka serapan anggaran yang sebenarnya.
 
"Kalau berapa persennya belum bisa saya sampaikan, karena kawan-kawan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ragu dengan pekerjaan diluar rutin, kaitannya dengan ketersediaan anggaran. Tapi kalau untuk keperluan pokok yang sudah ditetapkan, sudah saya instruksikan untuk menggesanya," pungkasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index