Kapolres Kampar Safari Sinergitas Pemilu di Salo

Kapolres Kampar Safari Sinergitas Pemilu di Salo
Foto bersama
KAMPAR - Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH didampingi Wakapolres Kompol B.E Banjarnahor SIK MH dan Pejabat Utama Polres Kampar serta Kapolsek Bangkinang Barat mengadakan Safari Sinergitas Pemilu tahun 2019 di Kecamatan Salo.
 
Kegiatan Safari Sinergitas Pemilu Tahun 2019 oleh Kapolres Kampar ini digelar di Aula Kantor Camat Salo, dengan tema Menuju Pemilihan yang aman, damai dan sejuk.
 
Hadir dalam acara ini Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah SH, Sekretaris KPU Kampar, Camat Salo, Minda SH, Ketua PPK, KPPS dan Panwaslu Salo, Pengurus Partai dan Para Caleg, Para Kades se-Kecamatan Salo, Babinsa, Perwakilan Media Pers, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat.
 
Acara Safari Sinergitas Pemilu 2019 oleh Kapolres Kampar ini diawali dengan acara makan malam bersama, kemudian setelah acara pembukaan oleh protokol dilanjutkan Pembacaan Do'a yang dipandu Kepala KUA Kecamatan Salo, H. Tugiat S.Ag.
 
Berikutnya Pemutaran Video tentang kesiapan Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 di Polres Kampar dalam rangka pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 di wilayah hukum Polres Kampar.
 
Selanjutnya kata sambutan dari Camat Salo Minda SH yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Kampar dan Jajarannya, serta ucapan terimakasih kepada para hadirin yang antusias datang untuk mengikuti kegiatan ini walaupun dalam kondisi cuaca hujan.
 
Lebih lanjut disampaikan Camat Salo bahwa pada Pilkada Gubernur yang lalu partisipasi masyarakat agak rendah karena hanya 54 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar, selain itu juga disinggung bahwa sudah tiga kali Pemilu tidak ada keterwakilan masyarakat Salo yang lolos di parlemen.
 
"Namun yang lebih penting dari itu adalah suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Kampar, terjaganya persatuan dan kerukunan masyarakat serta terciptanya suasana yang aman dan damai," jelas Camat Salo.
 
Berikutnya Kata Sambutan dari salahsatu Tokoh Masyarakat Salo yang juga tokoh adat Kabupaten Kampar, H. Ramli R. Datuk Parmato Said, pada kesempatan ini tokoh masyarakat Salo ini berharap agar partisipasi masyarakat pada Pemilu tahun 2019 mendatang bisa meningkat.
 
Beliau juga berharap agar dalam Pemilu 2019 nanti ada salah satu putra Salo yang berhasil lolos sebagai perwakilan masyarakat Salo yang duduk di DPRD Kampar.
 
Selanjutnya Kata Sambutan sekaligus arahan dari Kapolres Kampar, pada kesempatan ini Kapolres menyampaikan beberapa hal antara lain tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan kondusif.
 
"Untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif tidak bisa dilakukan oleh aparat Kepolisian saja namun perlu dukungan dari semua komponen, untuk itulah perlunya sinergitas ini," jelas Kapolres.
 
Lebih lanjut disampaikan Kapolres bahwa keamanan itu sangat penting dan perlu dijaga bersama, jadikan perbedaan itu sebagai kekuatan dan bukan untuk perpecahan.
 
Selain itu juga diingatkan Kapolres apabila ada permasalahan agar dapat diselesaikan dengan baik, serta tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang dapat menimbulkan pertikaian maupun konflik di masyarakat.
 
Lebih lanjut disampaikan Kapolres Kampar bahwa jajarannya beserta petugas keamanan lainnya siap mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan lancar serta terciptanya stabilitas kamtibmas.
 
Terakhir Kapolres mengingatkan agar masyarakat bijak dalam bersosial media, serta tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang diterima melalui media sosial yang bersifat provokatif dan dapat menimbulkan konflik.
 
Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah SH dalam penyampaiannya menjelaskan tentang aturan-aturan terkait kegiatan Pemilu, beliau juga mengingatkan masyarakat termasuk penyelenggara Pemilu agar tidak melakukan pelanggaran karena konsekuensinya adalah pidana.
 
Sesi berikutnya adalah tanya jawab dari peserta tentang permasalahan yang ditemui dan ditanggapi langsung oleh Ketua Bawaslu Kampar dan juga oleh Kapolres.
 
Kegiatan berakhir pada pukul 22.00 WIB dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. (bakar)

Berita Lainnya

Index