LPM Amulet Unisi Gelar Diklatsar Jurnalistik

LPM Amulet Unisi Gelar Diklatsar Jurnalistik
Foto bersama mahasiswa peserta Diklatsar Jurnalistik
TEMBILAHAN - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Amulet Universitas Islam Indragiri (Unisi) menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) jurnalistik bagi belasan anggotanya yang baru dilantik, di Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum, Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Sabtu 17 November 2018 kemarin.
 
Kegiatan yang mengusung tema "The Power of Writing with Your Creativity, Satu Goresan Sejuta Perubahan" ini, menghadirkan 3 narasumber, yakni Pendiri LPM Amulet Unisi, Dian Anggraini, serta mantan Ketua dan Bendahara LPM Amulet Unisi, Jumiyardi Ali dan Rida Ayu Agustina yang saat ini berprofesi sebagai wartawan media online.
 
Pada kesempatan itu, Pendiri LPM Amulet Unisi, Dian Anggraini menjelaskan tentang sejarah singkat berdirinya LPM Amulet Unisi, sebagai wadah mencari dan menyampaikan informasi atau berita seputar kampus kepada mahasiswa.
 
"Nama Amulet ini berasal dari bahasa latin, yang artinya melindungi. Kami harapkan keberadaannya dapat menjadi sumber informasi bagi mahasiswa," kata dia.
 
Mantan Ketua LPM Amulet Unisi, Jumiyardi Ali dalam paparan materinya berharap agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seluruh pengurus dan anggota LPM Amulet Unisi mengetahui tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
 
"Dengan begitu, sebagai wartawan kampus dapat bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yakni mencari dan menyajikan informasi," terangnya.
 
Sedangkan Rida Ayu Agustina yang juga wartawan media online menyatakan bahwa dalam penulisan berita, yang sangat perlu diperhatikan adalah unsur 5W+1H, karena itu adalah ruh dari setiap berita.
 
"5W+1H, yakni What, Where, When, Who, Why dan How. Jadi, dalam sebuah berita harus ada itu didalamnya," tambahnya.
 
Sementara itu, Ketua LPM Amulet Unisi periode 2018-2019, Bella Azelina Pratiwi mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih dan meningkatkan pemahaman dalam hal pemberitaan agar informasi yang disampaikan dapat diterima publik dengan baik.
 
"Dengan adanya diklatsar ini, diharapkan kawan-kawan peserta dapat menyerap ilmu secara cermat dan dapat mengimplementasikannya ketika bertugas di lapangan," harapnya.
 
Sebelum pelaksanaan diklatsar jurnalistik, dilakukan pelantikan pengurus LPM Amulet Unisi periode 2018-2019, yang dilakukan oleh Rektor Unisi diwakili Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Vivi Afriani Siregar. (mcr)

Berita Lainnya

Index