Bupati Kampar Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Tahun 2019

Bupati Kampar Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Tahun 2019
Bupati Kampar Azis Zaenal saat menyampaikan nota keuangan RAPBD Kabupaten Kampar tahun 2019
KAMPAR - Sebagai gambaran untuk kemajuan daerah Kabupaten Kampar lima tahun kedepan, berbagai program dan pembangunan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan Bupati Kampar H Azis Zaenal, SH, MM dan Wabup Catur Sugeng Susanto, SH.
 
Dalam hal itu pada rapat Paripurna masa sidang III Penyampain Nota Keuangan dalam rangka pembahasan Rancangan APBD Kampar tahun 2019, H Azis Zaenal menyampaikan materi Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Kampar tahun 2019 di ruang rapat DPRD Kampar, senin sore 19 November 2018.
 
Dalam materi tersebut Azis Zaenal menyampaikan proses penyusunan RAPBD dalam kurun waktu hampir dua tahun belakangan ini, Pemda Kampar telah melakukan upaya pembangunan dalam rangka mewujudkan program 3i (infrastruktur, industri serta investasi) yang tercantum dalam RPJMD.
 
Dalam hal ini, Azis Zaenal menjelaskan bahwa di bidang pendidikan dialokasikan lebih kurang 20 persen termasuk dalam bentuk beasiswa. Kemudian dalam hal Kesehatan dianggarkan 10 persen dengan pengadaan mobil ambulan setiap Desa pada tahun 2017 sebanyak 11 unit, tahun 2018 sebanyak 29 unit serta tahun 2019 sebanyak 50 unit.
 
Kemudian di bidang infrastruktur, yakni dalam pemeliharaan jalan sepanjang 113,7 kilometer, kemudian pembangunan 12 unit jembatan, 4 unit jembatan gantung, 6 unit jembatan besi dan 2 jembatan beton.
 
Disamping itu juga mebuka jalan Sei Jernih yang menghubungkan 5  Kecamatan, yakni Kecamatan Bangkinang, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Kampar dan Tambang atau 11 Desa dan 1 Kelurahan sepanjang 27 kilometer.
 
Untuk membuka keterisoliran daerah di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, telah dilakukan kesepakatan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membuka jalan penghubung yang selama ini hanya bisa dijalani dengan jalur sungai sepanjang lebih kurang 37 kilometer.
 
Selanjutnya disampaikan Bupati Kampar, untuk kenyamanan pemukiman rumah warga telah dianggarkan juga untuk bedah rumah pada tahun 2017 sebanyak 80 unit, tahun 2018 sebanyak 104 unit, serta tahun 2019 sebanyak 100 unit lagi.
 
Sementara untuk tahun 2019, pembangunan prioritas antara lain pembangunan perkantoran terpadu 8 lantai guna meningkatkan pelayanan masyarakat yang menjadi Icon Kampar nantinya.
 
Untuk memajukan Kampar, juga direncanakan pembangunan menara di kawasan Markaz Islamy Bangkinang serta pembangunan Riverside di Kawasan Jembatan Kembar Bangkinang. Khusus di bidang perhubungan, saat ini telah dibuka juga trayek angkutan dari Bangkinang menuju Bandara SSK II Pekanbaru serta Bangkinang menuju Candi Muara Takus XIII Koto Kampar.
 
Khusus di bidang sosial masyarakat, jelas Bupati lagi, Pemda Kampar telah memberangkatkan tokoh panutan masyarakat setiap Desa pada tahun 2017 dan 2018 sebanyak 60 orang serta tahun 2019 sebanyak 30 orang lagi.
 
Terakhir disampaikan Bupati, bahwa pencapaian pendapatan asli adaerah (PAD) mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2017 berjumlah Rp174 miliar pada tahun 2018 menjadi Rp214 miliar.
 
"Dengan demikian Kampar memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) lebih kurang Rp36 miliar serta meraih pelaporan keuangan terbaik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ujarnya. (bakar)

Berita Lainnya

Index