Walikota Dumai Buka Diklat Keselamatan Pelayaran Kapal

Dibaca: 683 kali  Selasa,20 November 2018 | 01:29:00 WIB

Walikota Dumai Buka Diklat Keselamatan Pelayaran Kapal
Ket Foto : Walikota Dumai Zulkifli As saat memberikan sambutannya

DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli As membuka pendidikan pelatihan pemberdayaan masyarakat kapal layar motor dan surat keterangan kecakapan 60 mil yang diadakan Persatuan Pengusaha Pelayaran Rakyat, Senin 19 November 2018.
 
Dalam sambutan, wako menyambut baik kegiatan ini karena setiap awak kapal atau nelayan perlu kecakapan dan pemahaman dalam keselamatan pelayaran.
 
"Dumai sebagai kota dikenal kepelabuhanan dan perairan, melalui diklat ini diharap nelayan dapat memahami prosedur keselamatan pelayaran," kata Walikota di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung.
 
Disebutkan, dalam kegiatan diklat ini diharap juga dapat membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas sehingga nelayan Dumai menjadi tenaga yang profesional.
 
Nelayan yang sebagian besar waktu dihabiskan di laut harus menguasai standar keselamatan, agar ketika ada insiden bisa langsung melakukan antisipasi dan penyelamatan.
 
"Diklat diberikan secara gratis ini juga untuk mendukung program dari Kementerian Perhubungan, karena itu peserta agar dapat mengikuti dengan baik dan serius," sebut Zul As.
 
Ketua Panitia David Saro mengatakan, kegiatan diklat ini mengacu edaran Dirjen Perhubungan Laut dan bekerjasama dengan Kesyahbandaran, Poltek Pelayaran Sumatera Barat, Poltek Perikanan Dumai dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia.
 
Peserta sebanyak 400 orang merupakan nelayan dan awak kapal yang sehari hari menjalani aktivitas melaut, berasal dari berbagai daerah, yakni Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.
 
"Setiap peserta akan menerima sertifikat sebagai dasar penerbitan buku pelaut, dan program ini merupakan kegiatan bantuan dari Kemenhub RI untuk kemudahan awak kapal dan nelayan," kata David.
 
Kegiatan diklat ini direncanakan selama empat hari dengan pemateri dari Poltek Pelayaran Sumbar, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai dan tim dokter serta tenaga pengajar.
 
Hadir juga dalam pembukaan diklat ini, Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot, Palaksa Lanal Letkol Syaiful, perwakilan Polres, Kodim, Bea Cukai, Dinas Perikanan Dumai, Ketua INSA dan lainnya. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com