Daerah Rawan Banjir Harus Waspada

Daerah Rawan Banjir Harus Waspada
Banjir yang merendam salah satu rumah warga di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar
PEKANBARU - Daerah yang tergolong rawan banjir harus dapat mengantisipasi dan waspada. Pasalnya, curah hujan masih akan mengguyur beberapa daerah di Riau hingga beberapa bulan ke depan.
 
Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai. Begitu juga untuk daerah di Riau yang tergolong rawan longsor.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Sebagai bukti keseriusah pihaknya telah menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor.
 
"Karena curah hujan masih tergolong tinggi, kita imbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan kondisi curah hujan yang tinggi. Kalau curah hujan tinggi, air sungai bisa naik sewaktu-waktu dan bisa merendam pemukiman masyarakat," urainya.
 
Untuk itu, pihaknya juga secara berkelanjutan terus berkoordinasi dengan instansi terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan langkah itu dapat dilakukan usaha pertolongan awal ketika terjadi banjir maupun longsor di daerah-daerah di Riau. (mcr)

Berita Lainnya

Index