PMI Kepulauan Meranti Sosialisasikan Manfaat Donor Darah

PMI Kepulauan Meranti Sosialisasikan Manfaat Donor Darah
Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis membuka sosialisasi dan aksi donor darah PMI
MERANTI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Meranti mulai mengajak masyarakat daerah ini untuk aktif sebagai pendonor darah. Ajakan itu disampaikan dalam kegiatan sosialisasi dan aksi donor darah di aula Kantor Bupati, Selasa 4 Desember 2018.
 
Hadir pada acara itu Sekda Yulian Norwis, Plt. Ketua PMI Kepulauan Meranti, Misri Hasanto, Ketua MUI, Mustafa, perwakilan Dinas Kesehatan, Moses dan peserta dari mahasiswa, OKP, perwakilan Perbankan, perwakilan Polres dan masyarakat umum.
 
Sekda Yulian Norwis dalam sambutannya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara, yakni PMI Kepulauan Meranti atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.
 
Menurutnya, ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan sangat penting, karena musibah yang menyebabkan seorang pasien membutuhkan darah tidak dapat diprediksi. Untuk itu Sekda mengimbau masyarakat yang sehat dapat mendaftarkan diri sebagai pendonor aktif.
 
Dengan semakin banyaknya pendonor darah, kata Sekda, akan memperbanyak stok darah yang tersimpan dilemari pendingin milik PMI Kepulauan Meranti, sehingga ketika pasien membutuhkan darah dapat dengan mudah diperoleh.
 
"Mari kita bantu PMI sebagai suatu wadah penyedia darah bagi masyarakat Kepulauan Meranti yang membutuhkan, dengan cara menjadi pendonor aktif. Ini juga sebagai bentuk kepedulian kita antar sesama masyarakat yang membutuhkan," ujar Sekda.
 
Lebih jauh disampaikan Sekda, selain dapat membantu pasien, menjadi pendonor darah juga menyehatkan karena berdasarkan hasil penelitian darah pendonor akan kembali terganti oleh tubuh dengan darah yang lebih baru atau fresh yang akan berdampak baik bagi kesehatan.
 
Sementara itu, dalam kegiatan donor darah tersebut juga dikemas dengan acara sosialisasi kepada masyarakat, untuk sosialisasi ini panitia pelaksana menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya.
 
Adapun tiga narasumber itu yakni dr. H. Misri Hasanto M.Kes dari PMI, dr. Moses utusan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepuluan Meranti dan narasumber yang memaparkan manfaat donor darah dari segi agama oleh Ketua MUI, H. Mustafa.
 
Pada kesempatan itu para narasumber memaparkan berbagai manfaat donor darah, baik dilihat dari segi kesehatan maupun dari segi agama, dimana para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.
 
Panitia berharap melalui sosialisasi donor darah bagi masyarakat itu dapat semakin meningkatkan kepedulian dari masyarakat untuk menjadi pendonor dalam membantu pasien yang membutuhkan. (rls/red)

Berita Lainnya

Index