Kodim Rohil Usulkan Pemekaran Tiga Koramil

Dibaca: 854 kali  Jumat,21 Desember 2018 | 09:20:00 WIB

Kodim Rohil Usulkan Pemekaran Tiga Koramil
Ket Foto : Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Didik Efendi bersama Bupati Rohil, H Suyatno, Ketua DPRD, H Nasrudin Hasan, bersama unsur Forkopimda lainnya pada Hari Bela Negara Tahun 2018. f.amran

ROHIL - Komandan Kodim 0321 Rohil Letkol Arh Didik Efendi, mengatakan ada tiga Komando Rayon Militer (Koramil) yang diusulkan untuk dimekarkan. Tiga Koramil itu nantinya terlebih dahulu akan dibentuk Pos Komando Rayon Militer (Pos Koramil) sebagai bagian dari tahapan pembentukan Koramil baru.
 
Ke tiga Pos Koramil yang akan diusulkan itu, sebut Dandim, adalah Pos Koramil Batu Hampar, Pos Koramil Tanjung Medan dan Pos Koramil Panipahan. Ke tiganya sudah melalui kajian dan pertimbangan-pertimbangan untuk diusulkan dimekarkan menjadi Koramil baru.
 
"Sebelum defenitif menjadi Koramil, tahap awal diusulkan Pos Koramil dulu. Pos Koramil sebagai perwakilan Koramil. Ke tiga Pos Koramil itu adalah Pos Koramil Tanjung Medan, Pos Koramil Panipahan dan Pos Koramil Batu Hampar" kata Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Didik Efendi, Jumat, 20 Desember 2018.
 
Dandim mengatakan, fungsi Pos Koramil ini sebagai penghubung ke Koramil (induk). "Setelah itu Pos-Pos Koramil ini nantinya akan ditetapkan sebagai Koramil (defenitif)," ujar Dandim, yang dijumpai Usai Upacara Hari Ibu 2018, dan Hari Bela Negara 2018 di halaman Kantor BPKAD Rohil di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi.
 
Dikatakan Dandim, Kodim 0321 Rohil yang membawahi Kabupaten Rohil ini terdiri dari 18 kecamatan, dan terdiri dari 5 Koramil. Ada Koramil yang membawahi beberapa Kecamatan, seperti Koramil Bangko, yang membawahi beberapa wilayah kecamatan.
 
Ada persyaratan-persyaratan khusus, jelas Dandim, yang mesti terpenuhi untuk pemekaran Koramil, seperti dari populasi penduduk, wilayah dan sarana. Pengajuan dan pembentukan Pos Koramil, jelas Dandim, juga tidak otomatis mesti ada penambahan personel.
 
"Tidak mesti ada penambahan personel. Personel di Kodim Rohil ini masih mencukupi. Hanya nanti sarana untuk Pos Koramilnya apa mungkin ada hibah dari pemerintah daerah," pungkas Dandim. (amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com