Bupati Rohil Pimpin Upacara HBN dan Hari Ibu 2018

Dibaca: 381 kali  Sabtu,22 Desember 2018 | 05:51:00 WIB

Bupati Rohil Pimpin Upacara HBN dan Hari Ibu 2018
Ket Foto : Ketua TP PKK Rohil Hj Wan Mardiana Suyatno menyerahkan hadiah kepada SDN 06 Bangko, Pemenang II Karnaval 2018 dalam rangka HUT Rohil ke 19 Tahun 2018. f.amran

ROHIL - Bupati Rohil H Suyatno, menjadi pembina upacara pada Hari Bela Negara 2018, yang disejalankan dengan peringatan Hari Ibu ke 90 Tahun 2018, Jumat, 21 Desember 2018, di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi.
 
Bupati Rohil H Suyatno, yang membacakan amanat Presiden RI H Joko Widodo, mengatakan bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata. Bela negara, jelasnya, dapat dilakukan di segala bidang kehidupan.
 
"Bela negara dapat dilakukan berbagai profesi, tidak saja dilakukan oleh aparatur negara saja. Tapi juga dapat dilakukan bersama-sama segenap elemen bangsa," kata Bupati Rohil H Suyatno.
 
Bela negara, jelasnya merupakan kewajiban setiap warga negara, dan merupakan tanggung jawab setiap warga negara. Indonesia, merupakan negara besar, negara maritim, dengan penduduk terbanyak ke 4 dunia, terdiri dari ribuan nusa.
 
"Indonesia negara yang bhineka dalam suku, ras dan agama. Patut disyukuri bahwa negara kita tetap rukun, damai dan bersatu," ujarnya.
 
Dikatakan Bupati, kesadaran bela negara berakar pada nilai-nilai luhur bangsa, dan harus tertanam dalam jiwa dan raga segenap Bangsa Indonesia. Kesadaran bela negara, jelasnya, harus ditanamkan sejak dini, melalui pendidikan dan aksi bela negara secara nasional di berbagai bidang. Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Rohil, bersama menjaga persatuan dan kesatuan dengan mencintai daerah dari segala segi dan mempertahankan kedaulatan NKRI.
 
Upacara Hari Bela Negara 2018, juga disejalankan dengan upacara Hari Ibu ke 90 tahun 2018. Bupati H Suyatno, mengucapkan Selamat Hari Ibu ke 90 tahun 2018, dan berharap peranan kaum ibu semakin menjadikan Indonesia Jaya.
 
Bupati H Suyatno menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan upacara yang dilaksanakan kaum perempuan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Rohil. Dari komandan upacara, pembacaan ikrar, ajudan pembina upacara, dan pengibar bendera, dilaksanakan kaum ibu-ibu GOW.
 
"Saya merasa bangga, petugas upacara semua ibu-ibu. Ini menandakan,  disamping melaksanakan hari ibu, mereka juga berani tampil kedepan. Ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia punya andil dalam bela negara," ujar Bupati.
 
Usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang paduan suara dalam rangka Hari Ibu 2018, serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba karnaval. (amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com