Pemprov Riau Siapkan Ratusan Miliar Untuk Meretas Daerah Terisolir

Pemprov Riau Siapkan Ratusan Miliar Untuk Meretas Daerah Terisolir
Kondisi dermaga pelabuhan internasional di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau masih menegaskan komitmen untuk pengembangan infratruktur daerah. Begitu juga daerah terisolir yang masih perlu pengembangan dan sentuhan infrastruktur.
 
Dalam implementasinya, Pemerintah Provinsi Riau melalui instansi terkait telah menyiapkan anggaran ratusan miliar. Dengan suport tersebut diharapkan dapat menjadi solusi dalam meretas daerah terisolir dengan infrastruktur.
 
Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto menilai, suport dana tersebut dialokasikan pada anggaran baik dari provinsi maupun dari Pemerintah Pusat. Untuk dana tersebut sengaja dikonsentrasikan pada jalan yang menghubungkan antar daerah terisolir antar provinsi.
 
"Kita akan beri sentuhan infrastruktur di daerah terisolir. Nantinya sejumlah daerah terisolir di Provinsi Riau akan dibukakan akses melalui perbaikan infrastruktur jalan di kawasan tersebut," imbuhnya.
 
Ia mencontohkan, untuk di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, setidaknya tersedia dana sekitar Rp100 miliar lebih untuk program daerah terisolir itu. Misalnya akses jalan provinsi antar kabupaten seperti Mahato ke Manggala, dan Manggala ke Pujud dan di beberapa daerah lainnya.
 
Selain itu telah dialokasikan dana Rp80 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah tersedia. Dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2019. Diharapkan dengan sinergitas tersebut persolan infrastruktur di daerah dapat dituntaskan. (mcr)

Berita Lainnya

Index