Plt Bupati Kampar Serahkan DPA Tahun 2019 Kepada OPD

Plt Bupati Kampar Serahkan DPA Tahun 2019 Kepada OPD
Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH saat menyerahkan DPA
KAMPAR - Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH, telah menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kampar. Catur meminta seluruh OPD untuk segera melaksanakan kegiatan tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna.
 
Penyerahan DPA itu menyusul telah dilakukannya berbagai proses dan tahapan dan telah diverifikasinya Perda APBD Kampar Tahun 2019 oleh Pemerintah Provinsi Riau, dengan besaran APBD Rp2.588.348.982.534.00 untuk 52 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
 
"Alhamdulillah seluruh anggaran yang telah kita susun sesuai dengan mandatori Pemerintah Pusat dan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Kampar dan RPJMD Kabupaten Kampar," ujar Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, Jumat 18 Januari 2019.
 
Selain penyerahan DPA OPD, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh masing masing Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Kampar.
 
Plt Bupati menjelaskan, proses penyusunan APBD Kampar telah dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagimana yang telah diatur dan ditetapkan oleh peraturan dan perundang-undangan.
 
"Atas nama Pemerintah Daerah saya instruksikan kepada seluruh Kepala OPD selaku pengguna anggaran dapat melaksanakan langkah percepatan administrasi, sehingga pencapaian target kegiatan dapat terlaksana sebelum tahun anggaran berakhir," pintanya.
 
Catur juga mengimbau dan menjadi perhatian khusus agar dapat menyusun time schedule, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan, kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan dan ketentuan hukum yang berlaku.
 
"Segera mempersiapkan pelaksanaan kegiatan, membuat petunjuk operasional kegiatan pada setiap kegiatan dan menjalankan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan terutama kegiatan fisik," tambah Catur Sugeng.
 
Setelah diterimanya DPA OPD ini, Plt Bupati berharap OPD dapat melaksanakan program dengan penuh integritas dan tanggung jawab, sesuai dengan pakta integritas yang telah ditandatangani.
 
"Kita telah 2 kali menerima WTP, saya berharap pada tahun ini tetap dapat kita pertahankan, sehingga kita memperoleh Dana Intensif Daerah (DID) sebesar Rp36,8 Miiar," ingat Catur.
 
Kegiatan penyerahan DPA OPD diawali dengan penyerahan kepada Sekretaris Daerah dan dilanjutkan kepada para Kepala OPD serta Camat se Kabupaten Kampar, kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Pakta Integritas oleh Inspektor Kabupaten Kampar Muhammad yang diikuti oleh seluruh Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Kampar. (bakar)

Berita Lainnya

Index