Bawaslu Jangan Hanya Tertibkan Baliho, Tapi Buat Caleg Jera Melanggar

Dibaca: 268 kali  Kamis,24 Januari 2019 | 06:27:00 WIB

Bawaslu Jangan Hanya Tertibkan Baliho, Tapi Buat Caleg Jera Melanggar
Ket Foto : Petugas Bawaslu Riau saat membongkar baliho caleg yang menyalahi aturan

PEKANBARU - Gencarnya Bawaslu Riau menertibkan baliho Caleg yang 'nakal' dapat tanggapan dari Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau, Taufik Arrahman. Dia meminta Bawaslu tidak hanya melakukan pembongkaran baliho, namun bagaimana Caleg jera tidak lagi berbuat kesalahan.
 
"Bawaslu harus pikirkan upaya itu, kalau hanya membongkar saja tidak akan cukup anggaran. Disamping itu akan makan waktu dan tenaga. Bawaslu harus tegas terhadap pelanggar, beri sanksi bagi pelanggar," harapnya, Kamis 24 Januari 2019.
 
Menurutnya, Bawaslu harus punya kiat atau cara yang jitu dalam membuat Caleg jadi takut berbuat kesalahan. Tahu kapan waktu pemasangan baliho dan sebagainya dan kapan membongkarnya kembali yang dilakukan sendiri.
 
"Kalau ditindak tegas yang nakal, beri sanksi pasti mereka takut. Inilah yang harus dipikirkan oleh Bawaslu untuk ditetapkan," tambahnya.
 
Terpenting lagi, tambahnya, tindakan yang dilakukan oleh Bawaslu haruslah didasari oleh asas kesetaraan. Tidak ada membedakan antar Caleg yang ada, siapa yang melanggar harus ditertibkan.
 
"Pikirkan bagaimana supaya Caleg itu takut membuat pelanggaran. Ketegasan dalam menjalankan tugas yang sesuai aturan harus dilakukan oleh Bawasku," kata taufik lagi. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com