Dinas KPP Rokan Hilir Siap Salurkan Benih dan Pupuk

Dibaca: 527 kali  Sabtu,26 Januari 2019 | 11:52:00 WIB

Dinas KPP Rokan Hilir Siap Salurkan Benih dan Pupuk
Ket Foto : ilustrasi

ROHIL - Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan (DKPP) Pemkab Rohil siap menyalurkan benih dan pupuk jika ada perusahaan perkebunan yang mau melaksanakan program penanaman padi, jagung dan kedelai (pajale), pada lahan perkebunan yang dilakukan replanting.
 
Demikian disampaikan Kepala Dinas KPP Pemkab Rohil, drh Isa Ahmadi, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pemkab Rohil dengan Perusahaan sebagai Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), belum lama ini, di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi.
 
"Jika ada perusahaan yang mau melakukan replanting, bersedia melaksanakan program ketahanan pangan, yakni program pajale, maka kami siap menyalurkan benih dan pupuk tanpa mengunakan dana coorporate social responsibility (CSR) perusahaan," kata Kadis KPP Pemkab Rohil Isa Ahmadi.
 
Seperti replanting pohon sawit, jelas Isa Ahmadi, biasa dilakukan penanaman pohon atau bibit sawit usia delapan bulan. Diantara bibit sawit yang ditanam, terangnya, dapat diselipkan dengan penanaman padi, jagung atau pun kedele.
 
Perusahaan perkebunan yang ada di Rohil, ujar Isa Ahmadi, sudah disampaikan agar turut serta menyukseskan program pajale di lahan perkebunan yang dilakukan replanting.
 
"Tapi dari sekian banyak perusahaan perkebunan, hanya satu perusahaan yang merespon positif program pajale ini, yakni PT Ivomas Pratama, dengan menanam kacang kedele. Kita memang belum melihat berapa hasil produksi tanaman kacang kedelenya, tapi kesediaan mereka menyukseskan program pajale itu yang kita apresiasi sekali," tutur Isa Ahmadi.
 
Dijelaskan Isa Ahmadi, Dinas KPP Pemkab Rohil tidak ada perbedaan dalam melaksanakan program perkebunan dan program ketahanan pangan nasional.
 
"Dinas KPP tidak ada perbedaan dalam melaksanakan program perkebunan dan program ketahanan pangan nasional. Sebab itu, kalau ada perusahaan yang melaksanakan replanting, diharapkan mau melaksanakan program pajale," jelas Kadis KPP Pemkab Rohil drh Isa Ahmadi. (amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com