Akuntabilitas Kinerja Pemkab Rohil Tahun 2018 Dapat Predikat Nilai B

Akuntabilitas Kinerja Pemkab Rohil Tahun 2018 Dapat Predikat Nilai B
Wabup Rohil H Jamiludin, Sekda H Surya Arfan, Inspektur Inspektorat Rohil HM Nur Hidayat dan Kepala Bappeda HM Job Kurniawan usai menerima penghargaan
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, menerima piagam penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, dengan Predikat Nilai B.
 
Piagam penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiludin, mewakili Bupati Rohil H Suyatno, Senin, 28 Januari 2019, pada acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 di Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Selain Wabup Rohil H Jamiludin, ikut serta Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Inspektur Kabupaten Rohil HM Nur Hidayat SH MH, Kepala Bappeda HM Job Kurniawan Ap MSi, dan Sekretaris Inspektorat Sarman Sahroni.
 
"Alhamdulillah kita mendapatkan predikat B sama dengan tahun lalu, dan kita sangat bersyukur dalam dua tahun terakhir bisa meraih predikat B ini," kata Wabup Rohil Drs H Jamiludin, Senin, 28 Januari 2019.
 
Wabup memaparkan ada peningkatan predikat untuk Rohil. Pada tahun 2016, predikat akuntabilitas kinerja yang diperoleh masih C. Pada 2017 meraih Predikat B dan pada 2018 juga dapat meraih Predikat B.
 
Dengan predikat itu, Wabup Jamiludin berharap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Rohil semakin giat meningkatkan kinerja.
 
"Kami berkomitmen Insha Allah tahun 2019 berusaha dan berjuang untuk meraih Predikat BB, predikat 16 organisasi perangkat daerah (OPD) yang dievaluasi untuk meraih Predikat BB ditambah menjadi 20 OPD, diharapakan dukungan dari para OPD," jelas Wabup Jamiludin.
 
Penghargaan SAKIP Award Tahun 2018 bertema 'Making Award Making History', diserahkan oleh MenPAN & RB RI, Komjen Purnawirawan Drs M Syafruddin MSi, didampingi Deputi Kemen PAN dan RB Bidang Aparatur dan Pengawasan. M Yusuf Ateh.
 
Yusuf Ateh menyebutkan, ada 9 Kabupaten dan Kota yang mendapat Predikat Nilai A, 40 Kabupaten/Kota mendapat Predikat Nilai BB, 185 Kabupaten/Kota mendapat Predikat Nilai B, 162 Kabupaten/Kota mendapat Predikat Nilai CC, dan 97 Kabupaten/Kota mendapat Predikat Nilai C, serta 5 Kabupaten/Kota mendapat Predikat Nilai D.
 
Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi mengatakan pada tahun 2019 ini Pemda Rohil berkomitmen meningkatkan predikat menjadi lebih baik. Untuk itu, Sekda berharap kepada semua OPD harus bekerja ekstra keras.
 
"Prestasi yang diraih tahun 2019 harus lebih baik dari tahun 2018. Kita harus capai minimal Predikat Nilai BB. Sebab selain sebagai sebuah prestasi, juga sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah membangun wilayahnya," tambah Sekda H Surya Arfan.
 
Dijelaskan Sekda, efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah daerah Rohil dapat terwujud jika adanya keseriusan dalam mengelola anggaran pemerintahan daerah.
 
"Ini semua merupakan suatu bukti keseriusan Bapak Bupati Rohil H Suyatno dan Wabup H Jamiluddin, yang langsung membimbing dan mengarahkan kepada OPD, sehingga hasilnya membanggakan bagi Kabupaten Rohil," tambah Sekda H Surya Arfan. (amran/rls)

Berita Lainnya

Index