Disdikbud Rohil Usulkan Pengadaan 300 Unit Komputer

Disdikbud Rohil Usulkan Pengadaan 300 Unit Komputer
Kadis Dikbud Rohil H Rusli Syarif menyampaikan pengarahan di Sosialisasi UN Tingkat SMP, MTs, SMPLB dan Paket B di Gedung Serbaguna SMP Negeri 1 Bangko. F Amran
ROHIL– Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Rohil Drs H Rusli Syarif MSi, mengatakan masih banyak sekolah-sekolah di Rohil yang belum mencukupi fasilitas sarana komputer. Sebab itu, Disdikbud Pemkab Rohil berencana akan mengadakan penambahan komputer pada 2019 ini.
 
Rencana penambahan komputer buat sekolah-sekolah SMP negeri di Rohil disampaikan Kadis Dikbud Rohil H Rusli Syarif MSi, usai menghadiri acara Sosialisasi Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP, MTs, SMPLB, dan Paket B, Selasa, 19 Maret 2019, di Gedung Serbaguna  SMP Negeri 1 Kecamatan Bangko.
 
“Rencananya kita akan melakukan pengadaan 300 unit computer. Sudah ada di rencana kerja angggaran (RKA). Doa kan saja,” kata Kadis Dikbud Pemkab Rohil Drs H Rusli Syarief MSi,kepada para wartawan.
 
Rencananya, sebut Kadis Dikbud, pengadaan 300 unit computer disampaikan pada 2017. Tapi disebabkan paceklik anggaran di APBD 2017, ujar Kadis Dikbud, tidak jadi dilaksanakan atau ditunda diusulkan.
 
 “Pada hal target saya dulu itu pada 2020, seluruh sekolah (SMP Negeri) sudah memiliki computer. Tapi sekarang saya tidak berani lagi. Kalau duitnya tidak ada kan ngak bias dilakukan lelang. Tapi nanti, kita tinjau lagi bagai mana ini (pengadaan computer untuk SMP negeri) bias jadi prioritas,” ujar Kadis Dikbud.
 
Mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP, Kadis Dikbud Rusli Syarif, mengatakan UN Tingkat SMP 2019, pada 8 April ini, diikuti 124 sekolah SMP, MTs, dan SMPLB negeri dan swasta. Dari 124 sekolah tersebut, hanya 16 sekolah yang melaksanakan UN berbasis computer atau UNBK.  
 
“Paling banyak itu (melaksanakan UNBK) madrasah. Seluruh madrasah di Rohil melaksanakan UNBK. Sampai madrasah di Panipahan pun melaksanakan UNBK. Kemarin saya tanya ke Kandepag kok bias? Ternyata mereka buat tower sendiri, dan pasang alat penarik sinyal untuk wi-fi,” jelasnya.
 
Sebab itu juga, melalui penambahan 300 unit computer di sekolah-sekolah SMP negeri di Rohil, Kadis Dikbud berharap pada tahun depan akan semakin banyak SMP Negeri di Rohil yang melaksanakan ujian berbasis computer (UNBK). "Ada pun total (siswa SMP, MTs, dan SMPLB) yang ikut UN 12.248 siswa, terdiri dari siswa SMP Negeri 8.264 siswa, dan siswa SMP swasta dan MTs 3.984 siswa,” tutupnya. (amran)

Berita Lainnya

Index