Nyoto : Masyarakat Tionghoa Riau Sudah Melek Politik

Dibaca: 206 kali  Senin,25 Maret 2019 | 11:49:00 WIB

Nyoto : Masyarakat Tionghoa Riau Sudah Melek Politik
Ket Foto : Dr Nyoto, MM, Tokoh Masyarakat Tionghoa Riau

PEKANBARU - Pesta demokrasi tahun 2019 ini berbeda dengan 5 tahun sebelumnya. Masyarakat Tionghoa Riau sudah mulai menampakkan partisipasi aktifnya. Terlihat dari baliho dan spanduk yang beredar sudah banyak calon legislatif (Caleg) yang mewakili masyarakat Tionghoa Riau.
 
Menurut Tokoh Masyarakat Tionghoa Riau, Dr Nyoto, MM mulai terlihatnya partisipasi aktif kalangan masyarakat Tionghoa Riau membuktikan berhasilnya reformasi, sebagai perwujudan kedewasaan berdemokrasi hari ini.
 
"Dari pendataan kita tidak kurang dari 40 orang caleg yang ada di Riau ini berasal dari masyarakat Tionghoa. Semuanya ini tidak terkosentrasi pada satu partai politik saja, melainkan tersebar ke banyak partai yang ikut pemilu tahun 2019 ini," jelas Nyoto kepada wartawan beberapa waktu lalu.
 
Lebih lanjut Nyoto merincikan, partisipasi politik ini diakui masih tersebar kepada masyarakat yang berumur 3o tahun ke atas. Sementara untuk kalangan milineal, kesadaran dan partisipasi politiknya masih dinilai tidak sebanyak kalangan yang berumur 30 tahun ke atas.
 
"Inilah tugas berat kita untuk memberika edukasi dan penyadaran kepada kalangan milineal untuk menumbuhkan partisipasi politiknya," tutup pengajar Pascasarjana STIE Pelita Indonesia ini. (sal)
 
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com