Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau Tinjau Kota Bagansiapiapi

Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau Tinjau Kota Bagansiapiapi
Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau 2019 bersama Kadis LH Rohil Suwandi SSos di Puskesmas Bagan Punak. f Amran
ROHIL – Kota Bagansiapiapi, Rohil, ikut serta meraih Piala Adipura pada 2019 pada kategori Kota Kecil Terbersih. Guna mendapatkan Piala Adipura 2019, Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau 2019, Selasa, 26 Maret 2019, meninjau Kota Bagansiapiapi. 
 
Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau, yang juga Kasi Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Ina Mulyani, mengatakan temat-tempat yang ditinjau diantaranya tiga sekolah adiwiyata, jalan-jalan protocol, Puskesmas, hutan kota, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, taman kota, lingkungan perkantoran, dan bank sampah.  
 
"Kalau dilihat (tempat-tempat yang telah dikunjungi) kriteria cukup baik, dibanding dua sampai tiga tahun lampau. Contoh TPA sampah, sekarang sudah dikelola dengan baik, dilengkapi sarana pengelolaan sampah, ada pencacah botol dan plastk. Terus juga ada pembagian zona pengelolaan dan pembuangan sampahnya," kata Ina Mulyani, di Taman Kantor Dinas LH Pemkab Rohil di Batu Enam.
 
Dinas LH Pemkab Rohil, jelas Ina,, juga sudah melaksanakan pengeolaan sampah secara rutin, dan secara umum dilihat sudah cukup baik. Begitu juga, terang Ina, mengenai tiga sekolah Adiwiyata yang ditinjau sudah cukup baik. Ke tiga sekolah tersebut merupakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. 
 
"Hasil peninjauan kita ini nanti akan diumumkan pada Hari Lingkungan Hidup se Dunia pada 5 Juli mendatang," ujar Ina.
 
Kepala Dinas LH Pemkab Rohil Suwandi SSos, menyampaikan sukur alhamdulillah Tim Supervisi Adipura Provinsi Riau 2019 sudah datang ke Kota Bagansiapiapi, dan sudah mengunjungi tempat-tempat yang dijadikan sebagai kriteria. 
 
"Kita optimis walau ada kekurangan-kekurangan tidak begitu vital dan penting, dan nanti akan kita benahi lagi," kata Kadis LH Pemkab Rohil Suwandi S Sos. 
 
Ditambahkan Suwandi, yang jadi penilaian adalah kebersihan, keindahan, kerapatan pohon pelindung, termasuk areal lingkungan perkantoran menjadi sasaran tim supervisi. "Sebagai mana disampaikan Ibu Ina tadi, ini adalah bentuk pembinaan sebelum sampai pada penilaian Adipura selanjutnya," pungkas Suwandi. (Amran)

Berita Lainnya

Index