Masyarakat Tionghoa Rohil Sambut Baik Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho

Masyarakat Tionghoa Rohil Sambut Baik Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho
Bupati H Suyatno, Sekda Surya Arfan, Ketua DMI Rohil H Wazirwan Yunus, saat meninjau lokasi yang direncanakan pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. f-amran
ROHIL - Masyarakat Tionghoa di Rohil menyambut baik rencana pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho, yang akan dibangun di Jalan Pulau Baru, Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rohil. 
 
"Itu ide yang sangat bagus sekali. Akan sangat mendukung kegiatan pariwisata dan hubungan toleransi antar umat beragama di Rokan Hilir," kata Siswaja Muljadi, tokoh masyarakat Tionghoa Rohil, yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau, Senin, kemarin melalui pesan singkat whatsapp-nya.
 
Dikatakan Siswaja, dengan ada Masjid Laksamana Cheng Ho, maka akan mengingat kembali sejarah kedatangan laksamana Cheng Ho dalam penyebaran Agama Islam di tanah air. Selain itu, jelasnya, akan memperkuat persaudaraan antar suku dan agama di Bagansiapiapi. 
 
"Laksamana Cheng Ho, adalah orang Tionghoa, sementara saudara saudara kita di Bagan juga orang Tionghoa,  jadi ini akan mempererat akar silahturami diantara suku-suku di Bagansiapiapi maupun Rokan Hilir," tambah Siswaja. 
 
Kota Bagansiapiapi yang sejak dahulu banyak di huni oleh orang Tionghua, kata Siswaja, tentu akan membantu dan menyambut baik pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. Apa lagi, terang Siswaja,  nuansa mesjid tersebut juga pasti bernuansa budaya Tionghua dengan kaligrafi Arab. 
 
"Perpaduan ini akan menjadi daya tarik tersendiri dan akan meramaikan kunjungan pariwisata di Rohil yang pada akhirnya akan memberikan multiplayer efek pada meningkatnya mobilisasi orang,  tingkat hunian hotel,  tingginya permintaan makanan serta ekonomi masyarakat kecil," tutur Siswaja.
 
Ketua Multi  Marga Tionghoa Indonesia Kabupaten Rohil, Rendy Gunawan, juga menyambut baik pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. Ditanya bagai mana kalau ada masyarakat mengusulkan di bangun di Taman Kota,  Rendy mengatakan sangat bagus sekali dengan adanya pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. 
 
"Kalau menurut saya, sangat bagus sekali dengan adanya pembangunan Masjid Muhammad Cheng di Taman Kota, Pertama bisa mengundang masyarakat dari luar daerah dan luar negeri, menjadi tempat wisata dan mempercantik Negeri Seribu," ujar Rendy. (Amran)

Berita Lainnya

Index