Genjot PAD, Bupati Kampar MoU dengan Dirjen Pajak dan Badan Pertanahan

Dibaca: 100 kali  Sabtu,04 Mei 2019 | 08:34:00 WIB

Genjot PAD, Bupati Kampar MoU dengan Dirjen Pajak dan Badan Pertanahan
Ket Foto : Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat penanda tanganan MoU bersama Dirjen Pajak dan Badan Pertanahan di Pekanbaru.

KAMPAR - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH bersama Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Pajak Se-Riau Dan Badan Pertanahan Se-Provinsi Riau Tentang Optimalisasi Penerimaan Pajak Pusat dan Daerah Serta Kerjasama Pengelolaan Barang Milik Daerah Bidang Pertanahan. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pauh Janggi Komplek Gubernuran Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis 2 Mei 2019. Dihadiri oleh Alexander Parwata dari Perwakilan KPK, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Gubernur Riau Syamsuar serta 12 Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau.
 
Dalam sambutannya Gubernur Riau Syamsuar usai penandatanganan MoU mengatakan bahwa kerjasama ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. "MoU ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah dengan Direktorat Pajak. Hal ini juga merupakan bentuk kepatauhan Pemerintah Daerah terhadap pentingnya pajak bagi pembangunan," ujarnya.
 
Gubernur juga menyampaikan bahwa sebelummya Gubernur dan 12 Kabupaten/Walikota telah juga melakukan MoU dengan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau. MoU bermanfaat untuk memastikan dan kelayakan tanah milik Pemerintah Daerah.
 
Sementara itu Kepala Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Parwata dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari sektor penerimaan Pajak di Provinsi Riau masih bisa ditingkatkan lagi. Peningkatan pendapatan dari sektor pajak masih bisa ditingkatkan melalui sektor pendapatan asli daerah. Selain itu dirinya mengungkapkan bahwa KPK sangat mendukung kerjasama Pemerintah Daerah dengan dirjen pajak.
 
"KPK sepenuhnya mendorong Pemerintah Daerah dalam berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah dengan menggerakkan perekonomian masyarakat. Dengan peningkatan PAD secara langsung dapat meningkatkan pendapatan Negara melalui Pajak," ujarnya. (bakar)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com