Replika Kapal Tongkang Mulai Dibuat

Dibaca: 97 kali  Kamis,09 Mei 2019 | 05:45:00 WIB

Replika Kapal Tongkang Mulai Dibuat
Ket Foto : Tim Lo sedang melakukan finishing pada lunas bawah Replika Kapal Tongkang. F amran

ROHIL - Persiapan Ritual Bakar Tongkang sedang dilaksanakan Panitia Ritual Bakar Tongkang Kelenteng Ing Hok King, Kota Bagansiapiapi, Rohil. Pada Rabu, 8 April 2019, dimulai pembuat replika Kapal Tongkang.  Pembuatan replika kapal tongkang ini dilakukan di ruko perempatan Jalan Kelenteng - Jalan Aman, Kota Bagansiapiapi. 
 
Kepala tukang pembuatan replika Kapal Tongkang, Tim Lo (72), mengatakan pembuatan replika Kapal Tongkang, dimulai dari lunas bagian bawah replika kapal tongkang yang akan di bangun. 
 
"Setelah lunas bagian paling bawah dari kapal selesai dibuat, selanjutnya di bangun lunas tegak dan lunas lambung kapal," kata Tim Lo, yang sudah 15 tahun dipercaya sebagai tukang pembuat Replika Kapal Tongkang. 
 
Pembuatan replika kapal tongkang ini, jelas Tim Lo, diperkirakan akan selesai 14 hari menjelang perayaan Ritual Bakar Tongkang 2019, yang akan dilaksanakan pada Juli 2019, atau usai Idul Fitri 1440 H /2019 "Nanti kalau sudah siap (sudah dihias dan pernak pernik kapal dipasang), di tempatkan di sini selama 14 hari, dan disembahyangkan, setelah itu di bawa ke kelenteng," ucap Tim Lo.
 
Ditanya mengenai pekerjaan tahunan ini, Tim Lo mengatakan pekerjaan membuat replika Kapal Bakar Tongkang merupakan pekerjaan ibadah. Sehingga Tim Lo, bersama beberapa orang lainnya yang membuat replika, membuat replika kapal tongkang tidak mengejar upah. 
 
"Kerja membuat replika kapal tongkang ini juga untuk ibadah. Kita tidak mengejar upah, meski upahnya ada. Upahnya, ya sekedar uang kopi lah. Selain itu makan dan minum selama kita kerja juga ditanggung kelenteng," pungkas Tim Lo. (Amran)  
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com