Bupati H Suyatno Takjub Lihat Kebun Poktan Tunas Mandiri

Dibaca: 224 kali  Minggu,12 Mei 2019 | 04:11:00 WIB

Bupati H Suyatno Takjub Lihat Kebun Poktan Tunas Mandiri
Ket Foto : Bupati H Suyatno saat melihat tanaman sayur

ROHIL - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, Senin, 8 April 2019 lalu mengunjungi kebun sayur dan buah-buahan milik Kelompok Tani (Poktan) Tunas Mandiri, Kepenghuluan Bantaian Hilir, Kecamatan Batu Hampar.
 
Kedatangan Bupati H Suyatno, disambut langsung Ketua Kelompok Tani Tunas Mandiri Mujiono, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Winarti SP,  warga dan beberapa anggota poktan.
 
Di hadapan Bupati Rohil H Suyatno, terbentang kebun sayur dan buah-buahan, seluas lebih kurang 2,5 hektare. Lahan di atas tanah liat itu, ditanami aneka jenis sayur dan buah-bauahan.
 
 
Diantara yang di tanam, sayuran bunga kol, cabe, terong putih, labu, melon, jagung, bawang, buncis, tomat, dan lain-lain. Bupati takjub melihat aneka jenis sayur dan buah-buahan tumbuh subur di atas lahan berstruktur tanah liat.
 
Bahkan, Bupati Rohil H Suyatno terkagum-kagum, melihat ukuran buah  yang besar-besar. Selain itu, Bupati H Suyatno, tidak menyangka warga Bantaian Hilir juga rajin bertanam sayuran dan buah-buahan disamping berkebun sawit.
 
"Luar biasa ini. Saya banyak menyampaikan apresiasi dengan kelompok tani yang punya lahan, tapi tidak seluas ini dimanfaatkan untuk perkebunan dan pertanian. Ini luar biasa," kata Bupati Rohil H Suyatno, memuji kelompok tani Tunas Mandiri.
 
 
Jika masyarakat Bantaian Hilir bisa menggarap kebun berstruktur tanah liat menjadi lahan yang subur, ucap Bupati, kenapa pula daerah lain yang juga berstruktur tanah liat tidak bisa menggarap lahan tanah liat sebagai lahan kebun sayur dan aneka buah sayur.
 
"Banyak lahan di Rohil ini seperti lahan ini (berstrukur tanah liat). Saya yakin bisa. Kenapa? Disebabkan masyarakat Rohil ini rajin. Tinggal lagi Pemda bagaimana mensuport dan memberikan dorongan," ujar Bupati Suyatno.
 
Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rohil, yang berperan andil dalam mengembangkan palawija dan tanaman holtikultura.
 
"Saya sekali lagi berterimakasih banyak kepada Dinas KPP Rohil dan PPL Dinas KPP Pemkab Rohil yang telah berupaya meningkatkan swasembada pangan di Rohil ini," ucap Bupati.
 
 
Dikesempatan itu, Bupati H Suyatno juga mengatakan Pemkab Rohil bersedia memberikan bantuan biaya pembuatan embung Rp20 juta, dan balai-balai untuk pertemuan anggota poktan juga Rp20 juta, sesuai dengan permintaan poktan.
 
Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Pemkab Rohil drh Isa Ahmadi mengatakan, ia mengajak Bupati H Suyatno datang langsung melihat kebun sayur milik Kelompok Tani Tunas Mandiri. Bibit aneka sayuran dan sayuran buah yang ditanam kelompok tani memang merupakan bibit khusus.
 
"Bibitnya ini adalah bibit dari PT Panah Merah. Mereka mempromosikan bibit apa yang bisa tumbuh subur dijenis tanah seperti ini, dan kebun Poktan Tunas Mandiri ini merupakan pilot project tanaman sayur dan buah di atas lahan tanah liat ini," ujar Isa Ahmadi. (adv)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com