Rohil Bangun Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho

Dibaca: 99 kali  Minggu,12 Mei 2019 | 04:37:00 WIB

Rohil Bangun Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho
Ket Foto : Rapat rencana pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho

ROHIL - Pengusaha Tionghoa asal Kota Bagansiapiapi yang berada di perantauan, akan membangun Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. Pemkab Rohil memfasilitasi dan menyediakan tanah buat pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Jalan Pelabuhan Baru.
 
Bupati Rohil H Suyatno mengatakan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho, nantinya akan bercorak dan bercirikan bangunan Tionghoa. Selain itu, nantinya, masjid ini juga direncanakan akan memiliki menara setinggi 25 meter.
 
"Dari atas menara masjid nanti akan dapat di lihat space Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya," kata Bupati Rohil H Suyatno, mengenai rencana pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho.
 
 
Peletakan batu pertama pembangunan masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho, sebut Bupati, direncanakan usai lebaran 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi.
 
"Kita targetkan pembangunannya selesai dalam masa satu tahun (setelah peletakan batu pertama)," kata Bupati Rohil H Suyatno, usai peninjauan lokasi pembangunan masjid tersebut, Sabtu, 20 Maret 2019 lalu.
 
Anggaran pembangunan masjid seluas 50 kali 50 meter, diatas lahan seluas 2 hektare, kata Bupati, ditaksir Rp 8 miliar. Pembiayaan pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho yang diperkirakan Rp8 miliar, jelas Bupati, tidak ada masalah.
 
"Anggaran tidak ada masalah. Ini inisiatif warga kita, warga Tionghoa yang ada di Jakarta, Medan dan lain-lain," ujar Bupati.
 
Jelang peletakan batu pertama, sebut Bupati, lokasi lahan akan segera dibersihkan. Pemkab Rohil, kata Bupati, sangat serius membangun Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho.
 
"Di Indonesia, ada beberapa daerah yang sudah ada Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho. Di Rohil ini yang kesekian kali di Indonesia. Palembang dan Jakarta ada. Tapi di Riau, Insha Allah di Rohil ini baru pertama kali," terang Bupati Suyatno.
 
 
Seluruh warga Tionghoa yang beragama Islam, dan warga Tionghoa mualaf, nantinya akan beribadah lima waktu di masjid dengan ciri khas ornamen Tionghoa ini. Selain itu, masjid ini juga akan memiliki menara setinggi 25 meter. Dari atas menara, sebut Bupati, nanti akan nampak seluruh Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya.
 
"Masjid ini juga ada taman tempat wisata dan tempat bermain anak-anak, Tempat Pendidikan Al-Qur'an dan perpustakaan. Komplek masjid ini nanti dijadikan objek wisata religius. Jalan di sekitar akan diperlebar. Saya minta dukungan masyarakat Rohil, khususnya masyarakat di Kota Bagansiapiapi," pungkas Bupati.
 
Dikesempatan itu, Bupati menyampaikan permintaan agar seluruh elemen masyarakat mendukung pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho.
 
"Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho suatu bentuk keseriusan kita dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," jelas Bupati. (adv)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com