Hikmatnya Hari Raya Enam di Salo

Dibaca: 164 kali  Minggu,16 Juni 2019 | 10:11:00 WIB

Hikmatnya Hari Raya Enam di Salo
Ket Foto : Prosesi ziarah makam pada Hari Raya Enam di Desa Salo Timur

KAMPAR - Meski diguyur hujan masyarakat antusias mengikuti kegiatan ziarah kubur dalam rangka memeriahkan hari raya Enam berlangsung hikmat. Ziarah dilaksanakan dengan mengunjungi setiap makam yang ada dalam wilayah Desa Salo Timur.
 
Penjabat Kepala Desa Salo Timur M. Safe'i, SE mengapresiasi antusiasnya masyarakat yang mengikuti ziarah kubur. "Saya mengucapkan Terimakasih kepada masyarakat meski cuaca tak bersahabat tapi masih banyak yang mengikuti ziarah kubur " pada tahun ini, ungkapnya.
 
Lebih lanjut M. Syafe'i mengatakan ini pertanda tingginya keimanan masyarakat dan sadar bahwa kematian itu pasti, tinggal menunggu giliran kapan dan dimana. "Dengan berziarah secara bersama di setiap makam yang dikunjungi kita berdo'a untuk para arwah agar diampunkan dosanya dilapangkan kuburnya dan menjadikan kuburnya surganya Allah SWT," harap Sekcam Salo ini.
 
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Ziarah kubur Desa Salo Timur Tahun 1440 H / 2019 M Zamri mengatakan bahwa, Ziara kubur merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun khususnya di Desa Salo Timur dan pelaksanaannya pada hari raya Enam.
 
"Tujuan dilaksanakannya Ziara kubur ini adalah untuk mengingatkan akan kematian, makanya secara bersama-sama kita disetiap Makam yang dikunjungi kita bacakan do'a untuk para arwah agar diampuni dosa-dosanya, dilapangkan kuburnya dan dimasukkan ke Surganya Allah SWT," jelasnya.
 
Kemudian disamping melaksanakan ziarah kubur juga dilaksanakan makan bersama dan tablig akbar dan hiburan rakyat.(Bakar)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com