Tinjau Pengrajin Anyaman di Gunung sahilan, Ketua Dekranasda Kampar Minta Terus Lakukan Inovasi

Dibaca: 78 kali  Selasa,25 Juni 2019 | 11:19:00 WIB

Tinjau Pengrajin Anyaman di Gunung sahilan, Ketua Dekranasda Kampar Minta Terus Lakukan Inovasi
Ket Foto :

KAMPAR - Untuk dapat melaksanakan kerajinan agar tetap terus berkembang dan berkelanjutan para pengrajin agar dapat meningkatkan kualitas kerajinan, sehingga dengan kualitas yang dimiliki dapat bersaing dan lebih mudah dipasarkan. Apalagi produk anyaman makin langka dan sulitnya menemukan Pengrajin.
 
Demikian disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar Muslimawati Catur yang diwakili oleh Juli Mastuti Yusri saat melakukan kunjungan ke pengrajin di Desa Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan Senin, 24 Juni 2019.
 
"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pengrajin disini, semua pengrajin dari dulu sudah ada di desa ini bagaimana menghasilkan ciri khas daerah,  khususnya di desa. Masing-masing pengrajin maupun kelompok usaha kerajinan supaya bisa aktifkan kembali dan membuat berbagai kreasi yang berbeda dan meningkatkan produktivitasnya," pinta Juli Mastuti.
 
Dilanjutkannya, para pengrajin diharapkan bisa lebih semangat untuk melestarikan ciri khas desa ini supaya kerajinan Gunung Sahilan ini tidak tertinggal lagi. Supaya bisa dikenal oleh masyarakat luar dari desa ini. 
 
"Saya berharap kerajinan dari desa ini bisa ditampilkan dalam acara pameran-pameran agar makin dikenal masyarakat luas," tutup Juli Mastuti.
 
Sementara itu Ali sabri kadis perindag Kampar mengatakan bahwa salah satu andalan bagi Kabupaten Kampar yaitu anyaman pandan ini. Permodalan peralatan dan pemasaran mudah-mudahan terlaksana dan dapat diwujudkan. 
 
"Program ini akan kita laksanakan melalui tingkat kecamatan kabupaten dan propinsi. Untuk tahun 2020 kita telah usulkan pelatihan program prioritasnya. Setelah adanya pelatihan kita akan adakan kelompok-kelompok usaha di setiap desa supaya pengrajin bisa menonlojkan kreasinya masing-masing. Tujuan kita meningkatkan ekonomi di desa ini dan mencari lapangan kerja dan akan mengurangi pengangguran," kata Ali Sabri.
 
Di lain kesempatan Camat gunung sahilan Fakhri SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua Dekranasda dan rombongan yang telah hadir di Desa Gunung Sahilan.
 
"Kami disini sangat memerlukan modal serta solusi dalam penjualan dan begitu juga terhadap peralatan yang sangat minim, oleh sebab itu kami meminta bantuan dan bimbingan dalam  melengkapi peralatan. Harapan kami sangat besar terhadap Ketua Dekranasda dan kepala Dinas perindustrian terhadap memenuhi kebutuhan masyarakat" Pinta Fakhri. (Bakar).
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com