Jamaah Calon Haji Rohil Berangkat 12 Juli

Jamaah Calon Haji Rohil Berangkat 12 Juli
 ROHIL – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hilir (Rohil), H Agustiar S.Ag, mengatakan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Rohil, akan diberangkatkan menuju embarkasi antara Pekanbaru, pada 12 Juli 2019.
 
Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohil H Agustiar S.Ag, yang ditemui usai menghadiri rapat koordinasi pemberanngkatan calon jamaah haji Rohil musim haji 1440 H/2019, di Mess Pemkab Rohil di Jalan Perwira, Kota Bagansiapiapi, Senin, 24 Juni 2019.
 
“Insya Allah, calon jamaah haji Rohil akan diberangkatkan di dua kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 2, dan Kloter 20. Jamaah haji Rohil di Kloter 2 berjumlah 231 orang jamaah, dan di Kloter 20 ada 31 jemaah,” kata Kakan Kemenang Rohil H Agustiar S.Ag.
 
Kedua kloter itu, sebut Agustiar, merupakan kloter gabungan. Untuk dokumen pemberangkatan jamaah haji di Kloter 2, sebut Agustiar, dokumen jamaah sudah selesai. Sedangkan dokumen jamaah yang tergabung di Kloter 2, sebutnya, dokumen pemberangkatan sedang dalam proses.
 
“Dokumen pemberangkatan jamaah haji yang 231 orang itu sudah siap, sedangkan dokumen pemberangkatan jamaah yang 31 orang itu sudah dikirim ke Jakarta, dan tinggal menunggu penyelesaian saja,” ucap Agustiar.
 
Sebannyak 31 jamaah calon haji Rohil yang berada di Kloter 20 itu, sebut Agustiar, merupakan jamaah haji tambahan, dan rata-rata berusia lanjut. Ke 31 jamaah haji tambahan ini dari penambahan 10 ribu jamaah haji dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.
 
“Dari segi jumlah, secara keseluruhan jamaah calon haji Rohil pada musim haji 1440 H/2019 ini ada peningkatan sekitar 10  persen,” ujar Agustiar.
 
Persiapan lain yang tengah dilakukan untuk kesiapan jamaah calon haji Rohil, sebut Agustiar, juga sudah dilakukan beberapa kali manasik haji, seperti manasik haji yang dilaksanakan Pemkab Rohil, dan manasik haji yang dilaksanakan rayon.
 
“Sedangkan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Rohil, insya Allah, akan dilaksanakan pada 29 Juni 2019,” ujar Agustiar.
 
Tahun ini, ucap Agustiar, merupakan tahun pertama pemberangkatan jamaah calon haji Riau melalui Embarkasi Antara Kota Pekanbaru. Jamaah haji Rohil, sebutnya, berangkat menunaikan nibadah haji tanpa bermalam lagi di Asrama Haji Embarkasi Batam Centre.
 
“Di Arab Saudi pada musim haji ini cuaca panas, dan para jamaah dimintakan harus banyak belajar, serta senantiasa menerima informasi,” terang Agustiar. (amran)

Berita Lainnya

Index