JCH Rohil Diminta Jaga Kesehatan

Dibaca: 97 kali  Selasa,02 Juli 2019 | 11:32:00 WIB

JCH Rohil Diminta Jaga Kesehatan
Ket Foto : Kakan Kemenag H Agustiar bersama staf di Bimbingan Manasik Haji 1440 H/2019. f-amran

ROHIL - Sebanyak 268 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapat bimbingan manasik haji dari Kementerian Agama RI. Manasik Haji 1440 H/2019, Sabtu, 29 Juli 2019, ini dilangsungkan dua kali sesi atau dua kali pertemuan.
 
Pembukaan Manasik Haji 1440 H/2019 dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama RI kabupaten Rohil H Agustiar SAg. Agustiar mengatakan pertemuan dalam acara manasik haji ini hendaknya semakin mengakrabkan hubungan silaturahmi antara jamaah haji.
 
"Jika sebelumnya antara satu jamaah dengan jamaah tidak saling kenal-mengenal, menjadi semakin kenal. Apa lagi sudah dibentuk kelompok rombongan (korom) dan Kelompok Regu (Koru) diharapkan semakin saling kenal lagi, dan semakin bersatu lagi," kata Kakan Kemenag Rohil H Agustiar SAg.
 
Dikatakan Agustiar, di manasik haji ini juga diberikan dan diserahkan berbagai kelengkapan jamaah, seperti tas besar, tas jinjing dan tas kalung, dan kelengkapan lainnya. Agustiar meminta kepada setiap jamaah agar mengecek apa saja kelengkapan yang belum lengkap.
 
"Nanti tas itu bawa pulang, dan diisi dengan berbagai kelengkapan, berbagai keperluan yang dirasa perlu dipergunakan menjalankan ibadah haji," jelas Agustiar.
 
Selain itu, Agustiar juga menyampaikan agar jamaah senantiasa menjaga kesehatan, dan menjaga kebugaran tubuh. Masih ada 11 hari lagi, kata Agustiar, jamaah calon haji berangkat menuju Arab Saudi, untuk menjalankan ibadah haji.
 
"Gunakan waktu itu untuk belajar ketentuan dan pelaksanaan ibadah haji. Selamat kepada bapak-ibu yang tahun ini dipanggil Allah SWT. Semoga mendapat hidayah dari Allah SWT, dan semoga kita semua diberikan kekuatan bersama," jelas Agustiar.
 
Dikatakan Kakan Kemenag Rohil H Agustiar SAg, rencananya manasik haji ini dibuka Bupati Rohil H Suyatno.  Disebabkan Bupati H Suyatno ada rangkaian kegiatan halal bi halal di Kota Pekanbaru, Jumat, 28 Juni 2019, dan halal bi halal dengan masyarakat Rohil di Kota Batam, Sabtu, 29 Juni 2019, rencana Bupati Rohil H Suyatno, membuka manasik haji dibatalkan.
 
"Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan permintaan maaf tidak dapat membuka dan menghadiri acara manasik haji ini," ucap Agustiar, menyampaikan permohonan maaf Bupati Rohil H Suyatno.
 
Kasi Haji dan Umroh Kemenag Rohil H Hasbullah SAg, mengatakan jamaah calon haji Rohil yang akan berangkat pada musim haji 1440 H/2019 ini berjumlah 268 orang jamaah. Jamaah Rohil berangkat di Kloter 08 BTH, dan Kloter 20 BTH. Kloter 08 BTH terdiri dari 231 orang jamaah, dan Kloter 20 BTH terdapat 37 orang jamaah. (Amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com