Kominfo Meranti Bina Kelompok Informasi Masyarakat

Dibaca: 85 kali  Rabu,17 Juli 2019 | 04:23:00 WIB

Kominfo Meranti Bina Kelompok Informasi Masyarakat
Ket Foto : Kegiatan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Rabu 17 Juli 2019

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Bagian Komunikasi dan Informatika Sekretariat Daerah menggelar kegiatan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Rabu 17 Juli 2019.
 
Kegiatan dibuka oleh Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis didampingi Kepala Bagian Kominfo Syaiful Ikram, Kabag Humas dan Protokol Hery Saputra, Narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Riau, Ita Mariani dan Narasumber Lokal Kadarsiono.
 
Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut karena dinilai penting dalam upaya penyebarluasan informasi Pemerintah kepada masyarakat.
 
"Kita berharap melalui kegiatan ini dapat membentuk kelompok informasi masyarakat yang bisa menyebarluaskan informasi Pemda secara tepat dan aktual dan yang utama bebas dari hoax atau berita bohong," ujar Sekda.
 
Selain itu Sekda juga mengatakan, pemerintah daerah akan mengusahakan perluasan jaringan internet dengan cara mendorong para provider untuk membangun tower supaya internet lebih gampang di akses oleh masyarakat khususnya di Desa-desa yang jauh.
 
Lebih jauh dikatakan Sekda, teknologi internet jika digunakan dengan baik sangat bermanfaat apalagi dalam dunia pendidikan. Untuk itu ia berharap fasilitas internet yang ada di sekolah-sekolah agar benar-benar dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjang pendidikan.
 
"Jangan sampai fasilitas internet digunakan oleh anak-anak untuk mengakses konten-konten negatif yang merusak, untuk itu saya minta kepada guru pengajar untuk mengawasi siswanya," ucap Sekda.
 
Terkait hal itu, ditegaskan Sekda, peran orang tua sangat penting dalam memantau aktifitas anak-anak dalam mengakses internet.
 
"Mari tingkatkan peran orang tua dalam mengawasi aktifitas anak, jangan sampai karena internet yang bebas saat ini generasi muda kita terjerumus pada hal yang tidak baik," pungkasnya.
 
Sementara itu Kabag Kominfo Syaiful Ikram menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga mampu menjawab pertanyaan yang ada di masyarakat melalui informasi.
 
"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadikan kelompok informasi masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan desiminasi informasi pembangunan kepada masyarakat," ujar Syaiful.
 
Selain itu juga Kelompok Informasi Masyarakat ini dapat menjadi forum media sekaligus mediator komunikasi dan informatika pemerintah dan pembangunan masyarakat secara timbal balik.
 
Lebih jauh disampaikan Syaiful, keberadaan KIM ini nantinya dapat membantu masyarakat dalam rangka mendapatkan informasi melalui media elektronik dengan browsing internet maupun dengan membuka media sosial lainnya. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com