Wakil Bupati Kepulauan Meranti Buka MTQ Ke-XI

Wakil Bupati Kepulauan Meranti Buka MTQ Ke-XI
Foto bersama
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, bertempat di Halaman Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Sabtu malam (20/7/2019) kemarin.
 
Turut hadir bersama Wakil Bupati, Wakil Sekjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor, Kabiro Kesra Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan, Sekda, Yulian Norwis, Kapolres AKBP. La Ode Proyek, Ketua LAM Muzamil, Kajari Budi Rahardjo, Kakan Kemenag Darwison dan unsur lainnya.
 
Pembukaan MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 ditandai dengan pemukulan Beduk oleh Wakil Bupati Said Hasyim dan Wasekjen Bimas Islam Kemenag RI Tarmizi Tohor yang diikuti oleh pemukulan pentungan oleh para Camat Se-Kepulauan Meranti yang disaksikan Forkopimda dan seluruh hadirin.
 
Kegiatan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti kali ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Indra Gunawan Juara MTQ Tingkat Internasional di Kuala Lumpur Malaysia.
 
Selanjutnya sambutan dari Ketua Panitia MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2019 oleh Asisten I Setdakab Meranti Syamsuddin, yang dikatakannya kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan Ukhuah Islamiyah sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan dan menghafal Al-Quran.
 
Diharapkan dengan momentum ini masyarakat dapat mengamalkan isi dan kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diusung "Dengan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, Kita aktualisasi nilai Al-Quran untuk mencerahkan kebidupan beragama rukun dan damai".
 
Sekedar informasi, dalam MTQ kali ini diikuti oleh 341 peserta yang berasal dari utusan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan MTQ yang digelar selama 5 hari ini memperlombakan beberapa cabang yakni Cabang Tilawah Quran, Cabang Tahfiz dan Tafsir Quran, Cabang Khatal Quran, Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ.
 
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim berharap kegiatan MTQ Kabupaten kali ini disamping sebagai lomba seni membaca Al-Quran juga sebagai ajang membina generasi muda untuk lebih mencintai Al-Quran. Dengan begitu Al-Quran dapat dibumikan hingga kepelosok negeri dan menjadikan Meranti negeri yang Baldatun, Thaybatun Warabbun Ghofur.
 
Wabup mengaku Pemkab Kepulauan Meranti akan terus mendorong masyarakat untuk mempelajari dan mencintai Al-Quran selain dengan menggelar MTQ juga memberikan insentif khusus bagi para guru agama.
 
"Dengan membumikan Al-Quran semoga Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi negeri Madani sebagaimana Visi dan Misi Kabupaten," ucap Wabup.
 
Sementara itu Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, mengatakan kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis disamping sebagai media syiar Islam juga mampu menumbuhkan ekonomi riil masyarakat.
 
Iapun berharap melalui kegiatan ini dapat mencetak Qori dan Qoriah terbaik Riau asal Kepulauan Meranti yang mampu meraih prestasi gemilang baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Yang diawali pada MTQ Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar yang direncanakan akan digelar pada awal November 2019 mendatang.
 
Seperti prestasi yang baru-baru ini diraih oleh Provinsi Riau pada MTQ Nasional di Kota Medan dimana Provinsi Riau berhasil meraih Ranking 6 dari 34 Provinsi, dan terakhir pada STQ di Pontianak Provinsi Riau berhasil masuk 7 besar.
 
"Semoga kedepan Provinsi Riau dengan Qori asal Kepulauan Meranti bisa meraih prestasi lebih baik lagi," Harap Masrul Kasmy.
 
Untuk mendukung prestasi Qori dan Qoriah Privinsi Riau, jelasnya, Pemda akan membangun Quran Center di kawasan Masjid Agung An-Nur untuk membimbing para Qori dan Qoriah Riau sekaligus sebagai pusat pengembangan Al-Quran di Provinsi Riau.
 
Terakhir sambutan dari Wakil Sekjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor, senada dengan Wakil Bupati, iapun berharap melalui MTQ ini dapat nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al-Quran dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.
 
Diinformasikan juga dalam pembukaan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti juga dilakukan penandatanganan MoU tentang Peningkatan Kesejahteraan Tenaga Pendidik Agama Islam Kabupaten Kepulauan Meranti yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Kemenag Meranti Darwison dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim.
 
Kegiatan pembukaan MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti yang berlangsung khidmat dan lancar ditutup dengan acara foto bersama dan salam-salaman. (rls/red)

Berita Lainnya

Index