Rangkuman Data Tentang Gempa 7,4 M di Banten

Rangkuman Data Tentang Gempa 7,4 M di Banten
Konferensi pers BMKG pengakhiran peringatan tsunami. Foto Kumparan
JAKARTA - Gempa dengan kekuatan 7,4 M mengguncang Banten. Gempa itu juga terasa di sejumlah kota, termasuk Jakarta, pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB. Gempa di Banten ini berpotensi tsunami.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa  berada di 147 km barat daya Sumur, Banten. Pusat gempa berada di pada kedalaman 10 kilometer.
 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gempa di Banten yang berpotensi tsunami, jurnalmadani.com melansir rangkuman dari kumparan atas sejumlah hal yang kini telah diketahui:
 
Gempa Dimuktahirkan Jadi 6,9 M.
 
Usai mencabut peringatan tsunami, BMKG memuktahirkan data gempa yang awalnya 7,4 M menjadi 6,9 M. Gempa terjadi akibat deformasi batuan di lempeng Indo-Australia.
 
Peringatan Tsunami Dicabut
 
Peringatan tsunami akibat gempa 7,4 magnitudo di Banten dinyatakan berakhir sekitar pukul 21.40 WIB. Lebih dari dua jam saat peringatan diumumkan.
 
Warga Lampung ke Kantor Gubernur
 
Warga Lampung berbondong-bondong mengungsi ke Kantor Gubernur. Warga mulai berdatangan untuk mencari tempat yang aman karena mereka takut terjadi tsunami.
 
Brimob Siap Evakuasi
 
Polda Banten menurunkan personel Brimob untuk proses evakuasi. warga diimbau untuk mengantisipasi dengan menjauhi bangunan tinggi.
 
Lempeng Indo-Australia di Balik Gempa
 
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, gempa Banten berasosiasi dengan aktivitas penunjaman (subduksi) Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.
 
Potensi Tsunami 0,5 - 3 Meter
 
BMKG menyebut kawasan pantai Pandeglang selatan berpotensi tsunami dengan ancaman ketinggian gelombang sekitar 0,5-3 meter.
 
Sementara itu, ancaman tsunami dengan gelombang 0,5-3 meter juga dapat terjadi di Pulau Panaitan, Ujung Kulon, hingga pesisir barat dan selatan Lampung.
 
Sumber Gempa dari Megathrust Selat Sunda
 
Kepala Bagian Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana, mengungkapkan bahwa sumber gempa ini berasal dari "Megathrust Selat Sunda", sebagaimana yang ia sampaikan kepada kumparanSAINS melalui pesan singkat, Jumat (2/8).
 
Megathrust bisa diartikan sebagai gerak sesar naik yang besar. Indonesia sendiri memiliki setidaknya 16 zona megathrust yang tersebar di berbagai daerah dan berpotensi menimbulkan tsunami. Salah satunya adalah segmen Megathrust Selat Sunda.
 
Potensi Tsunami hingga Pukul 21.35 WIB
 
BMKG belum mencabut peringatan dini tsunami usai gempa 7,4 magnitudo mengguncang Sumur, Banten. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut pihaknya akan memantau potensi tsunami hingga pukul 21.35 WIB.
 
"SOP yang ada mewajibkan kita menunggu sampai 2 jam dari perkiraan kedatangan terakhir. Masih mungkin terjadi beberapa fenomena yang tidak bisa kita duga," kata Dwikorita.
 
Sejumlah Bangunan di Banten Hancur
 
Guncangan gempa yang kuat membuat sejumlah bangunan di Banten rusak. Salah satunya, Pesantren Nurul Fikri yang terletak di Anyer.
 
Dalam video yang beredar, para santri panik saat guncangan gempa membuat plafon atap berjatuhan.
 
Warga Sumur Mengungsi ke Tempat yang Lebih Tinggi
 
Warga Sumur, Banten, berlarian karena gempa. Mereka mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Listri mati dan jalanan hanya terang dari lampu kendaraan.
 
"Saya sedang evakuasi warga dulu, warga di sini panik semua," kata Endin, Camat Sumur, Jumat (2/8).
 
Daerah yang Berpotensi Tsunami:
 
• PANDEGLANG BAGIAN SELATAN (BANTEN) - SIAGA
• PANDEGLANG PULAU PANAITAN (BANTEN) - SIAGA
• LAMPUNG-BARAT PESISIR-SELATAN (LAMPUNG) - SIAGA
• PANDEGLANG BAGIAN UTARA (BANTEN) - WASPADA
• LEBAK (BANTEN) - WASPADA
• TANGGAMUS PULAU TABUAN (LAMPUNG) - WASPADA
• SUKABUMI UJUNG-GENTENG (JABAR) - WASPADA
• TANGGAMUS BAGIAN TIMUR (LAMPUNG) - WASPADA
• LAMPUNG-SELATAN KEP. KRAKATAU (LAMPUNG) - WASPADA
• LAMPUNG-SELATAN KEP. LEGUNDI (LAMPUNG) - WASPADA
• LAMPUNG-BARAT PESISIR-TENGAH (LAMPUNG) - WASPADA
• LAMPUNG-BARAT PESISIR-UTARA (LAMPUNG) - WASPADA
• BENGKULU-UTARA PULAU ENGGANO (BENGKULU) - WASPADA
• KAUR (BENGKULU) - WASPADA
• LAMPUNG-SELATAN KEP. SEBUKU (LAMPUNG) - WASPADA
• BENGKULU-SELATAN (BENGKULU) - WASPADA
• SERANG BAGIAN BARAT (BANTEN) - WASPADA
• SELUMA (BENGKULU) - WASPADA
 
Terasa hingga Bali
 
Getaran gempa terasa selama beberapa detik di wilayah sekitar Denpasar. warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri
 
Potensi Tsunami
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami setelah gempa kuat tersebut terjadi. (red)

Berita Lainnya

Index